Header Ads

Header Ads

GESTA (GEbyar Seni dan TAlenta) PGMI 2024 kembali digelar


Kamis, 23 Mei 2024 HMPS PGMI IPMAFA kembali adakan Gebyar seni dan talenta (GESTA). Kegiatan tersebut diawali dengan seminar bertemakan "Pendidikan Kreatif Lestarikan Budaya" Bapak Drs. Karyoso, M.Si.Kons menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. 

Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka rupa, baik dari tarian, tembang/lagu, tata krama, bahasa, dan sebagainya yang saat ini mulai luntur. Selain datangnya kebudayaan baru, kesadaran pentingnya melestarikan berbudaya juga perlu ditanamkan kepada generasi muda, terutama mahasiswa. Kebudayaan Indonesia ada yang asli dan juga asimilasi dengan kebudayaan baru yang datang. Misalkan solawatan dengan nada tembang, disukai masyarakat. Asimilasi budaya merupakan salah satu cara budaya bertahan di era maraknya budaya baru. Akan tetapi perlulah memilah cara mencampurkan budaya menjadi tradisi baru dengan memperhatikan tata aturan, norma yang berlaku di masyarakat. Beliau berpesan agar mahasiswa dapat melestarikan kebudayaan lokal dengan menjadikannya media dalam pembelajaran nantinya ketika mengabdi menjadi pengajar. 


Kegiatan seminar dihadiri oleh Bapak Dekan Tarbiyah M.Sofyan Alnashr,M.Pd.I dan Ibu Kaprodi PGMI Latifah Nuraini,M.Pd. serta seluruh mahasiswa PGMI semester 2, 4, dan 6.



Kegiatan ditutup dengan sajian tari dari Sanggar Tari Sepenuh Jiwa.