Header Ads

Header Ads

MENGENAL WAKTU, JARAK, DAN KECEPATAN

Waktu/Masa

Waktu telah menjadi sesuatu yang melekat erat dalam keseharian masyarakat. Hal inilah yang menjadikan waktu tergolong dalam materi pembelajaran matematika di jenjang SD/MI. Satuan waktu dihitung dari seberapa lama suatu kejadian berlangsung, misalnya:

·         Lamanya tukang kayu bekerja dalam sehari

·         Lamanya perlombaan takraw dalam satu babak

·         Lamanya waktu mengaji dalam sehari

·         Lamanya menyapu halaman rumah adalah 45 menit

·         Dan lain sebagainya.

Waktu mempunyai satuan yang dibedakan menjadi:

a.       Satuan waktu tak baku

Misalnya: tepukan seragam (tepuk 1, 2, 3, ……)

b.      Satuan waktu yang dibakukan

Misalnya: dasawarsa, bulan, jam, menit, detik, windu, abad, millennium, hari, dan minggu.

Siswa harus bisa memahami bahwa pada jam, menit, dan detik mempunyai keterkaitan yaitu dengan kelipatan atau perbanyakan dari 60. Lebih detailnya terlihat pada gambar dibawah ini.

24 jam adalah durasi untuk satu hari, yaitu pada pukul 24:00 (00.00 tengah malam) hingga hari berikutnya pada pukul 24:00. Pertukaran hari dimulai pukul 00:00 atau 24:00 dapat kita lihat seperti pada gambar berikut.

Setelah memperhatikan gambar diatas, dapat kita simpulkan, yaitu:

Pukul 24.00 pada Hari Sabtu sama dengan pukul 00.00 pada Hari Minggu.

Pukul 06.45, jika tidak dilengkapi keterangan maka dianggap waktu pagi hari

Pukul 06.45, jika ada keterangan malam maka ditulis dengan pukul 18.45.

Dalam memudahkan siswa memahami selisih antara dua waktu, maka perlu dihubungkan dengan kejadian sehari-hari yang siswa alami. Dibawah ini adalah contoh soal mengenai waktu dan pemecahannya sebagai berikut.

Ø  Shodiq bermain rebana di acara pernikahan pada jam 09.00 hingga pukul 11.30. berapa lama Shodiq bermain rebana?

Pemecahan:

11.30 – 09.00 = 2,5 jam

A.    Jarak

Jarak dapat didefinisikan sebagai suatu ukuran yang dapat memperlihatkan seberapa jauh posisi suatu objek dengan objek lainnya. Jarak dapat dijelaskan dengan satuan baku, seperti kilometer (km), hectometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm). Hubungan antara satuan Panjang adalah setiap naik 1 satuan dibagi 10 dan setiap turun 1 satuan dikali 10. Lebih jelasnya dapat memperhatikan gambar dibawah ini.

Jarak antara Kota Demak ke Kota Kudus dalam peta adalah 2,5 cm. skala peta 1:500.000. Berapakah jarak sesungguhnya!

Penyelesaian:

Jarak sesungguhnya  = jarak pada peta : skala

                                    = 2,5 : (1/500.000)

                                    = 2,5 x 500.000

                                    = 1.250.000 cm

                                    = 12,5 km.

Maka, jarak antara Kota Demak ke Kota Kudus sejauh 12,5 km.

A.    Kecepatan

Kecepatan dapat dipahami sebagai hasil dari jarak yang ditempuh suatu objek dibagi dengan waktu yang dibutuhkan guna menempuh jarak tersebut. Kecepatan mempunyai satuan km/jam.

            Contoh soal:

            Berapa meter per detik dari 90 km/jam?

            Jawab:

            = 90 x (1.000/3.600)

            = 25 m/detik.

B.    Mengetahui Keterkaitan Antara Waktu, Jarak, dan Kecepatan

Salah satu diantara waktu, jarak, dan kecepatan dapat ditemukan jika dua diantaranya bisa diketahui. Langkah-langkah untuk menemukan salah satu dari waktu, jarak, dan kecepatan, yaitu:

a)     Perbandingan

Jarak sebanding dengan waktu/masa. Maksudnya apabila jarak yang dilalui kian jauh maka waktu yang diperlukan juga kian lama atau banyak. Jadi, dalam pemecahan persoalan jarak dan waktu menggunakan perbandingan senilai. Adapun kecepatan berbanding terbalik dengan waktu. Maksudnya jika bertambah cepat kecepatannya, maka waktu yang diperlukan kian singkat atau sedikit. Jadi, dalam pemecahan persoalan kecepatan dan waktu menggunakan perbandingan senilai.

b)     Rumus

Rumus untuk mencari kecepatan, jarak, dan waktu adalah sebagai berikut:

 


Simbol dalam kecepatan;

Kecepatan      = k

Jarak               = j

Waktu             = w

Sehingga rumus untuk mencari kecepatan, jarak, dan waktu juga bisa ditulis sebagai berikut:

Kecepatan     (k) = j/w

Jarak              (j) = k x w

Waktu            (w) = j/ k

Apabila jarak dijelaskan dalam satuan kilometer (km) dan waktu dijelaskan dalam satuan jam, maka kecepatan menggunakan satuan km/jam. Untuk lebih detail, tabel dibawah ini memperlihatkan kumpulan satuan yang sering ditemukan dalam pembahasan kecepatan.

No.

Kecepatan

Jarak

Waktu

Singkatan

1.

Kilometer/jam

Kilometer

Jam

Km/jam

2.

Meter

Jam

Meter/jam

m/jam

3.

Meter

Detik/Sekon

Meter/detik

m/det

4.

feet

Detik

Feet/detik

Ft/det

 

C.    Menghafal Rumus Waktu, Jarak, dan Kecepatan dengan Cara Mudah


Gambar diatas adalah salah satu bentuk alternatif yang dapat membantu siswa menghafal rumus waktu, jarak, dan kecepatan. Lingkaran dipecah kedalam tiga bagian yang seragam. Setelahnya huruf j (simbol jarak) ditulis dibagian atas, kemudian diikuti k (simbol kecepatan), dan w (waktu) berdasarkan urutan abjad. Rumus kecepatan diperoleh dengan menghilangkan k, jadi tersisa j/w. Rumus waktu dengan menghilangkan w, jadi tersisa j/k. Kemudian rumus jarak dengan menghilangkan j, jadi tersisa .

            Bentuk alternatif untuk memudahkan dalam menghafal ini dikenal dengan mnemonic, yaitu media guna memudahkan dalam menghafal sesuatu sehingga dapat disimpan dalam ingatan otak jangka panjang.

A.    Mencari Cara Menyelesaikan Persoalan Keseharian yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak, dan Kecepatan

Memperkuat pemahaman siswa mengenai waktu, jarak, dan kecepatan dapat dilakukan dengan cara mengaitkan contoh-contoh soal dengan keseharian siswa. Contohnya; menentukan lama waktu mengaji, saat bersepeda menuju suatu tempat, menentukan jarak rumah dan pasar dengan naik becak, menentukan kecepatan skuter agar tidak terlambat ketika sampai di tempat les, dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah contoh soal waktu, jarak dan kecepatan yang berhubungan dengan keseharian siswa.

1)    Masalah waktu

·         Dycal memacu motornya dengan kecepatan 60 km/jam agar cepat sampai ke bengkel. Jika Dycal menempuh jarak 120 km, berapa lama waktu yang dihabiskan Dycal dalam perjalanan tersebut?

Diketahui:

Kecepatan Dycal                    = 60 km/jam

Jarak                                       = 120 km

Waktu                                     = 120/60

                                                = 2 jam

·         Berapa lamanya waktu yang dihabiskan Nafta untuk mencapai jarak 120 km dengan kecepatan 40 km/jam?

Diketahui:

Kecepatan Nafta                    = 40 km/jam

Jarak                                       = 120 km

Waktu                                     = 120/40

                                                = 3 jam.

2)    Masalah kecepatan

·         Deo menjadi supir truk muatan beton. Deo mengendari truk selama 2 jam guna menempuh jarak 150 km. berapa kecepatan truk yang dikendarai Deo?

Diketahui:

Waktu                                     = 2 jam

Jarak                                       = 150 km

Kecepatan                              = 150/2

                                                = 75 km/jam

·         Cetta naik angkutan umum dari Tayu ke Margoyoso dengan jarak 30 km dalam waktu 40 menit. Berapa kecepatan angkutan yang ditumpangi Cetta?

Diketahui:

Jarak Tayu ke Margoyoso    = 15 km

Waktu                                     = 40 menit

                                                = 40 x 1/60

                                                = 2/3 jam atau 0,66 jam.

Kecepatan                              = 15/0,66

                                                = 22,72 km/jam

3)    Masalah Jarak

·         Sarisha mengendari motor dari Puncel ke Dumpil dengan kecepatan 45 km/jam dengan waktu tempuh 15 menit. Berapa jarak yang ditempuh Sarisha dari Puncel ke Dumpil?

Diketahui;

Kecepatan                              = 45 km/jam

Waktu                                     = 15 menit

                                                = 15 x 1/60

                                                = 1/4 jam atau 0,25 jam

Jarak                                       = 45 x 1/4

                                                = 11,25 km

 

·         Suri pergi ke tempat mengaji dengan mengendarai skuter dengan kecepatan 25 km/jam. Jika ia perlu waktu 15 menit, berapa jarak yang ditempuh Suri dari rumah ke empat mengaji?

Diketahui;

Kecepatan Suri                      = 25 km/jam

Waktu tempuh Suri               = 15 menit

                                                = 15 x 1/60   

                                                = 1/4 jam.

Jarak                           = 25 x 1/4

                                                = 6,25 km


Penulis:
Nashwa Aisya Zahira (21.13.00049) Mahasiswa PGMI IPMAFA

Editor:
Latifah Nuraini, M.Pd. Dosen Konsep Dasar Matematika PGMI IPMAFA