Rumusan
kompetensi dan mata kuliah
No
|
Rumusan Kompetensi
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Mata kuliah
inti umum nasional
|
|||
1
|
Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
2
|
Mampu menjadi contoh warga negara yang baik
|
Civic Education
|
2
|
3
|
Mampu mengkaji falsafah pancasila
|
||
4
|
Memahami struktur bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris I
Bahasa Inggris II
|
2
2
|
5
|
Mampu menggunakan logika dalam berkomunikasi
|
Statistika
|
2
|
Mata Kuliah
Institusional Umum
|
|||
6
|
Memahami sumber-sumber dasar keislaman
|
Ulumul Qur’an
Ulumul Hadits
Fiqh
Aswaja
|
2
2
2
2
|
7
|
Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing (Arab)
|
Bahasa Arab I
Bahasa Arab II
|
2
2
|
8
|
Memiliki kemampuan menganalisis persoalan-persoalan
keilmuan dan kemasyarakatan
|
Filsafat Ilmu
Filsafat Pendidikan
Studi Tokoh Pendidikan
|
2
2
2
|
9
|
Menginterpretasikan Islam dalam konteks budaya lokal
|
Sejarah Peradaban Islam
Pengantar Studi Islam
|
2
2
|
10
|
Membina perilaku shaleh
akram bagi peserta didik
|
NDSA
|
2
|
11
|
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai
dasar shalih akram
|
||
12
|
Menampilkan perilaku Islami berbasis
nilai-nilai pesantren
|
||
13
|
Menginternalisasi NDSA dalam perilaku
sehari-hari
|
||
14
|
Menjadi uswatun hasanah bagi peserta didik
|
||
Mata
kuliah inti khusus utama
|
|||
15
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran.
|
Ilmu Pendidikan
Teori belajar dan
pembelajaran
|
2
2
|
16
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif,
inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan.
|
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Tematik
|
2
2
|
17
|
Mampu mendesain rencana pembelajaran
|
Perencanaan pembelajaran
|
2
|
18
|
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan
potensi lokal.
|
Telaah Kurikulum MI
Pengembangan Kurikulum MI
|
2
2
|
19
|
Mengembangkan materi pembelajaran yang
diampu secara kreatif.
|
Pengembangan bahan ajar MI
|
2
|
20
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
sebagai penunjang pembelajaran.
|
Media Pembelajaran
|
2
|
21
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan peserta didik.
|
Ilmu Manthiq
|
2
|
22
|
Menyelenggarakan evaluasi proses dan
hasil belajar.
|
Evaluasi Pendidikan MI
|
2
|
23
|
Menggunakan hasil evaluasi untuk
perbaikan mutu pembelajaran.
|
||
24
|
Melakukan berbagai upaya untuk
peningkatan mutu pembelajaran.
|
||
25
|
Menguasai materi,struktur, konsep,dan
pola pikir keilmuan sesuai bidangnya
|
Pembelajaran Matematika MI
1
Pembelajaran Matematika MI
2
Pembelajaran IPA MI 1
Pembelajaran IPA MI 2
Pembelajaran IPS MI 1
Pembelajaran IPS MI 2
Pembelajaran Bhs.
Indonesia MI 1
Pembelajaran Bahasa
Indonesia MI 2
Pembelajaran PKn MI
Pembelajaran Penjaskes MI
Pembelajaran Bahasa Jawa MI
Pembelajaran Seni budaya keterampilan MI
Pembelajaran Baca Tulis Alquran
Pembelajaran Aqidah Akhlak MI
Pembelajaran Al-Qur’an Hadis MI
Pembelajaran Bahasa Arab MI
Pembelajaran Bahasa Inggris MI
Pembelajaran SKI MI
Pembelajaran Fiqh MI
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
26
|
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
|
||
27
|
Menguasai manajemen pendidikan dasar
|
Manajemen pendidikan MI
|
2
|
28
|
Menguasai supervisi dan administrasi pendidikan
dasar
|
Supervisi pendidikan
|
2
|
29
|
Mampu mengevalusi kinerja lembaga pendidikan dasar
|
||
30
|
Mengusai metode penelitian pendidikan dengan baik
|
Metodologi penelitian pendidikan I
Metodologi penelitian pendidikan II
Penelitian Tindakan Kelas
|
2
2
2
|
31
|
Memiliki kompetensi penelitian bidang pendidikan
|
||
32
|
Melakukan penelitian bidang pendidikan dasar Islam
|
||
33
|
Menguasai filosofi dan sosiologi pendidikan dasar
Islam
|
||
34
|
Melakukan
tindakan reflektif untuk mengembangkan profesionalisme
|
Pengembangan
Profesionalisme Guru
|
2
|
35
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI
|
2
|
36
|
Mengembangkan diri dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi
|
||
37
|
Mampu mengenal budaya akademik madrasah
|
PPL I
|
2
|
38
|
Mampu melakukan praktik pembelajaran dengan teman (Micro/peer
teaching)
|
PPL II
|
4
|
39
|
Mampu hidup bermasyarakat dan mampu melakukan
pelayanan terhadap masyarakat
|
KKN
|
4
|
40
|
Mampu menyusun karya ilmiah berdasarkan kajian dan
hasil penelitian
|
Karya tulis ilmiah
Skripsi
|
2
6
|
Mata
kuliah inti khusus pendukung
|
|||
41
|
Menguasai karakteristik dan keberagaman
peserta didik dari berbagai aspek, baik fisik, sosial, emosional
,intelektual, moral dan kultural.
|
Psikologi umum
Psikologi Perkembangan
Psikologi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling
Manajemen Konseling
|
2
2
2
2
2
|
42
|
Membantu pengembangan potensi peserta didik serta
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
||
43
|
Mampu menggunakan bimbingan dan konseling sebagai pendekatan pembelajaran anak MI/SD
|
||
44
|
Menguasai psikologi perkembangan anak
|
||
45
|
Mampu identifikasi potensi anak
|
||
46
|
Menguasai teori entrepreneur terutama bidang
pendidikan
|
Edupreneurship I
Edupreneurship II
|
2
2
|
47
|
Memiliki mental intrepreunership/wirausaha
|
||
48
|
Visioner dan memiliki prospek usaha di bidang
pendidikan
|
||
49
|
Bersikap inklusif,bertindak
objektif,serta tidak diskriminatif
|
Sosiologi Pendidikan
|
2
|
50
|
Menjalin kerjasama dengan baik secara
efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan,
orang tua, dan masyarakat.
|
||
51
|
Beradaptasi dengan baik di tempat tugas
|
||
Memperluas networking baik kepada
komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisandan tulisan atau
bentuk lain.
|
|||
Mata
kuliah inti khusus lainnya
|
|||
52
|
Mampu membuat keterampilan dan kerajinan
tangan
|
Praktik keterampilan dan kerajinan*
|
2
|
53
|
Mampu mendampingi peserta didik yang
membutuhkan pendampingan khusus (inklusi)
|
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
|
2
|
Mata
kuliah institusional khusus
|
|||
54
|
Pendalaman keilmuan shalih akram
|
Pendalaman NDSA *
|
2
|
55
|
Mampu membuat materi ataupun media
pembelajaran menggunakan animasi
|
Multimedia Animasi Pembelajaran *
|
2
|
Struktur
Mata kuliah tiap
semester
Semester 1
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
Sks
|
|||
1
|
Bahasa Arab I
|
2
|
||||
2
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
||||
3
|
Bahasa Inggris I
|
2
|
||||
4
|
Fiqh
|
2
|
||||
5
|
Filsafat Ilmu
|
2
|
||||
6
|
Ulumul Qur’an
|
2
|
||||
7
|
NDSA
|
2
|
||||
8
|
Civic Education
|
2
|
||||
9
|
Ulumul Hadits
|
2
|
||||
10
|
Psikologi Umum
|
2
|
||||
11
|
Aswaja
|
2
|
||||
22
|
||||||
Semester 2
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
Sks
|
|||
1
|
Pembelajaran Matematika MI 1
|
2
|
||||
2
|
Bahasa Arab II
|
2
|
||||
3
|
Bahasa Inggris II
|
2
|
||||
4
|
Pengantar Studi
Islam
|
2
|
||||
5
|
Sejarah Peradaban
Islam
|
2
|
||||
6
|
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI I
|
2
|
||||
7
|
Pembelajaran Bahasa Indonesia MI I
|
2
|
||||
8
|
Psikologi
Perkembangan
|
2
|
||||
9
|
Ilmu Pendidikan Islam
|
2
|
||||
10
|
Pembelajaran PKn MI
|
2
|
||||
11
|
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI 1
|
2
|
||||
12
|
Ilmu Mantiq
|
2
|
||||
24
|
||||||
Semester 3
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
Sks
|
|||
1
|
Pembelajaran Matematika MI II
|
2
|
||||
2
|
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial MI II
|
2
|
||||
3
|
Pembelajaran Bahasa
Indonesia MI II
|
2
|
||||
4
|
Teori Belajar dan
Pembelajaran
|
2
|
||||
5
|
Telaah Kurikulum MI
|
2
|
||||
6
|
Filsafat Pendidikan
|
2
|
||||
7
|
Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits MI
|
2
|
||||
8
|
Pembelajaran Aqidah
Akhlaq MI
|
2
|
||||
9
|
Pembelajaran Fiqih
MI
|
2
|
||||
10
|
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI II
|
2
|
||||
11
|
Psikologi
Pendidikan
|
2
|
||||
22
|
||||||
Semester 4
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
Sks
|
|||
1
|
Pengembangan
Kurikulum MI
|
2
|
||||
2
|
Pembelajaran Bahasa Jawa MI
|
2
|
||||
3
|
Pembelajaran
Penjaskes MI
|
2
|
||||
4
|
Media Pembelajaran
|
2
|
||||
5
|
Pembelajaran Tematik
|
2
|
||||
6
|
Metodologi
penelitian Pendidikan I
|
2
|
||||
7
|
Pembelajaran Bahasa Arab MI
|
2
|
||||
8
|
Pembelajaran Bahasa
Inggris MI
|
2
|
||||
9
|
Pembelajaran SKI MI
|
2
|
||||
10
|
Perencanaan
Pembelajaran
|
2
|
||||
11
|
Bimbingan dan
Konseling
|
2
|
||||
22
|
||||||
Semester 5
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
Sks
|
|||
1
|
Evaluasi Pendidikan MI
|
2
|
||||
2
|
Metodologi
Penelitian Pendidikan II
|
2
|
||||
3
|
Manajemen
Pendidikan MI
|
2
|
||||
4
|
Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) MI
|
2
|
||||
5
|
Statistik Pendidikan
|
2
|
||||
6
|
Penelitian Tindakan
Kelas
|
2
|
||||
7
|
Manajemen Konseling
|
2
|
||||
8
|
Pembelajaran Seni Budaya
Keterampilan MI
|
2
|
||||
9
|
Pengembangan
Profesionalisme Guru
|
2
|
||||
10
|
Edupreneurship I
|
2
|
||||
11
|
Karya Tulis Ilmiah
|
2
|
||||
22
|
||||||
Semester 6
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
sks
|
|||
1
|
PPL I (Microteaching)
|
2
|
||||
2
|
Seminar Proposal
Skripsi
|
0
|
||||
3
|
Edupreneurship II
|
2
|
||||
4
|
Pengembangan Bahan Ajar
|
2
|
||||
5
|
Sosiologi
Pendidikan
|
2
|
||||
6
|
Studi Tokoh
Pendidikan
|
2
|
||||
7
|
Supervisi
Pendidikan
|
2
|
||||
8
|
Strategi
Pembelajaran
|
2
|
||||
9
|
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
|
2
|
||||
10
|
Pendalaman NDSA*
|
2
|
||||
11
|
Praktik Keterampilan dan Kerajinan*
|
2
|
||||
12
|
Multimedia Animasi Pembelajaran *
|
2
|
||||
22
|
||||||
Semester 7
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata Kuliah
|
sks
|
|||
1
|
PPL II
|
4
|
||||
2
|
KKN
|
4
|
||||
8
|
||||||
Semester 8
|
||||||
No.
|
Kode
Mata Kuliah
|
Mata
Kuliah
|
sks
|
|||
1
|
Skripsi
|
6
|
Keterangan:
- Program studi PGMI menawarkan mata kuliah, yang terdiri atas: 68 mata kuliah wajib, dan 4 mata kuliah pilihan yang bertanda bintang (*).
- 2. Mahasiswa program studi PGMI wajib menyelesaikan minimum 150 sks yang terdiri dari 144 sks untuk mata kuliah wajib dan 6 sks untuk mata kuliah pilihan.
0 Comments