DESKRIPSI MATA
KULIAH JURUSAN PGMI STAIMAFA PATI
|
||
No
|
Mata Kuliah
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
1.
|
Bahasa Arab I
|
Mata kuliah ini
berbobot 2 SKS wajib diambil oleh mahasiswa sebagai dasar pengembangan
berbahasa. Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar bahasa Arab dan
menekankan pada kompetensi berbahasa Arab yakni menyimak, membaca, berbicara,
dan menulis. Selain itu juga membekali mahasiswa nahwu, shorof, kalam dan
dasar ilmu bahasa Arab lainnya.
|
2.
|
Bahasa
Indonesia
|
Mata kuliah
ini membahas tentang konsep-konsep, dasar-dasar keterampilan menulis,
karangan ilmiah dan menerapkannya dalam penulisan. Oleh karena itu mahasiswa perlu
mengetahui dan memiliki keterampilan dalam penerapan ejaan, kalimat efektif,
pilih kata, pengembangan paragraf, kerangka karangan, topik, tema, dan judul,
pengumpulan data dan kutipan, catatan kaki dan daftar pustaka, resensi atau
laporan buku, dan penulisan karya ilmiah. Mata kuliah ini menekankan pada
peningkatan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia.
Kompetensi tersebut meliputi (1) kemampuan berkomunikasi baik secara lisan
maupun tertulis, (2) Penulisan karya ilmiah dan karya sastra (3) penguasaan
aspek keterampilan berbahasa.
|
3.
|
Bahasa Inggris
I
|
Bahasa Inggris I merupakan mata kuliah
MPK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini membekali
mahasiswa tentang struktur bahasa Inggris yang khusus digunakan dalam tindak
komunikasi nyata, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan
umum. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat,
yaitu struktur reseptif, struktur produktif,
struktur reseptif-produktif dan kontribusi matakuliah ini
dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah
|
4.
|
Fiqh
|
Fiqh merupakan mata kuliah
MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang hukum-hukum syara’ yang
bersifat amaliyah yang dihasilkan para ilmuwan fikih melalui dalil yang
terperinci.
Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu kategoriasi
hukum, fikih ubudiyah, fikih muamalah dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di
madrasah ibtidaiyah.
|
5.
|
Filsafat Ilmu
|
Filsafat Ilmu merupakan mata kuliah
MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasahibtidaiyah.
Matakuliha ini akan membekali mahasiswa tentang hakikat ilmu, cara memperoleh pengetahuan dan
manfaat/tujuan pengetahuan. Secara garis besar
pokok kajian matakuliah ini
dipetakan menjadi lima, yaitu konsep filsafat ilmu; landasan perkembangan
ilmu; metode ilmiah; genealogi, dimensi, struktur dan penggolongan ilmu, dan
implikasi filsafat ilmu dalam pendidikan di madrasah ibtidaiyah.
|
6.
|
Ulumul Qur’an
|
Ulumul Qur’an merupakan mata kuliah MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh
setiap mahasiswa program studi pendidikan madrasah ibtidaiyah. Matakuliha ini
akan membekali mahasiswa tentang al-Qur’an ditinjau dari
aspek ilmu yang terkait ma fi al-qur’an dan ma haul al-qur’an. Secara garis besar pokok
kajian matakuliah ini dipetakan
menjadi empat, yaitu sejarah al-Qur’an,
cabang-cabang ilmu al-Qur’an, pendekatan dan metode penafsiran al-Qur’an,
terutama linguistik, dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
|
7.
|
NDSA
|
Nilai Dasar Salih Akram (NDSA) merupakan
mata kuliah MPK berbobot 2 SKS yang
harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah
ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang nilai-nilai yang
disarikan dari al-Qur’an dan hadis yang dianut oleh Matahliul Falah yang
diejawantahkan dalam semua aspek kehidupan. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini
dipetakan menjadi tiga, yaitu Shaleh-Akram dan relevansinya
dengan (Perguruan Islam dan Sekolah Tinggi) Mathaliul Falah, konsep dan
praktik nilai 9 + 1 dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di
madrasah ibtidaiyah.
|
8.
|
Civic
Education
|
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah komponen dasar yang
harus diambil oleh mahasiswa guna memberikan landasan pengembangan
kepribadian mereka sebagai warga bangsa dan warga dunia yang baik, cerdas,
dan berkeadaban (good, smart, and civilized). Dalam mata kuliah ini
dibahas materi-materi inti, yaitu demokrasi,hak asasi manusia (HAM), dan
masyarakat madani.dalam kerangka ini dibahas pula turunan materi inti yang
berkaitan dengan identitas nasional, negara, warga negara, konstitusi,
otonomi daerah, dan good governance.
|
9.
|
Ulumul Hadits
|
Ulumul hadis merupakan mata kuliah MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh
setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang ilmu yang digunakan untuk
menetapkan benar atau tidaknya perkataan, perbuatan dan tikrar Nabi Muhammad
SAW. Secara garis
besar pokok kajian matakuliah ini
dipetakan menjadi tiga, yaitu konsep dirayah; konsep riwayah
dan kontribusi matakuliah ini dalam
pembelajaran bahasa Arab
|
10.
|
Psikologi Umum
|
Mata kuliah Psikologi Umum menyajikan hakekat
keberadaan manusia atas fisik dan non fisiknya/psikologis dimana kedua unsur
tersebut saling mempengaruhi, keadaan psikologis meliputi gejala
pengenalan/kognisi, perasaan/emosi, kemauan/konasi, campuran dan proses
berfikir da intelegensi serta kebearaan manusia sebagai hasil pembawaan dan
lingkungan.
|
11.
|
Aswaja
|
Aswaja merupakan mata kuliah
MPK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang bahasan, pemahaman, dan
perkembangan pemikiran akidah Islam yang bersumber dari Al Quran dan Al
Hadits. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu perkembangan dan pemetaan
aliran-aliran kalam sebagai pengatar; pengaruh aliran kalam terhadap
teori-teori linguistik Arab, ajaran aliran ahlussunnah waljamaah dan kontribusi matakuliah ini dalam
pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
|
12.
|
Pembelajaran
Matematika MI 1
|
Mata kuliah ini memberi bekal mahasiswa untuk
mengkaji konsep bilangandi SD yang meliputi operasi bilangan, nilai tempat,
FPB, KPK dan
pecahan serta pembelajarannya di SD melalui kegiatan
pengkajian,pelatihan,eksplorasi baik secara individu maupun kelompok serta
mensimulasikannya.
|
13.
|
Bahasa Arab II
|
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan merupakan
kelanjutan dari bahasa Arab I sebagai dasar pengembangan berbahasa. Mata
kuliah ini memperdalam pembahasan tentang dasar-dasar bahasa Arab dan
menekankan pada kompetensi berbahasa Arab yakni menyimak, membaca, berbicara,
dan menulis. Diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dalam
bahasa arab, baik lisan maupun tulisan.
|
14.
|
Bahasa Inggris
II
|
Bahasa Inggris II merupakan mata kuliah
MPK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Mata kuliah ini membekalai mahasiswa tentang praktik berbahasa Inggris berdasarkan pendekatan komunikatif
baik formal, informal maupun non-formal yang berkaitan dengan pembelajaran di
madrasah ibtidaiyah. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat,
yaitu ragam
beku/formal, ragam santai, variasi bahasa Inggris dari berbagai negara yang
menggunakan bahasa resmi Inggris dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
|
15.
|
Pengantar
Studi Islam
|
Sasaran utama pekuliahan ini ialah pembentukan sikap
dan kepribadian muslim yang baik, yang memiliki akidah yang benar dan kokoh
berdasarkan pengetahuan yang memadai, serta melahirkan prilaku yang positif
dalam kehidupan pribadi dan sosial. Dalam perkuliahan ini dibahas hal-hal
yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan agama, perkembangan studi agama,
dasar-dasar serta ajaran-ajaran pokok Islam, perkembangan kebudayaan Islam
dalam berbagai aspeknya, gerakan pembaharuan di dunia Islam, sampai
perkembangan Islam di Kepulauan Nusantara/Indonesia..
|
16.
|
Sejarah
Peradaban Islam
|
Mata Kuliah
ini meliputi kajian tentang: sejarah peradaban Islam sebagai ilmu
pengetahuan, dasar-dasar peradaban Islam, periodisasi perkembangan peradaban
Islam, arab pra Islam, masa nabi, Masa Khulafaurasyidin, Masa Umayah timur,
Islam di Andalusia, Masa Abbasiyah, dinasti-dinasti, perang salib dan invasi
Mongol, dan Islam di Asia Tenggara.
|
17.
|
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial MI I
|
Pengintegrasian penguasaan substansi dan materi
pembelajaran bidangstudi IPS untuk kelas awal dengan berbagai prinsip
pengelolaan pembelajaran yang mendidik.
|
18.
|
Pembelajaran
Bahasa Indonesia MI I
|
Matakuliah ini merupakan pendahuluan metode
pengajaran bahasa Indonesiadi SD. Fokus perkuliahan ini adalah strategi pengajaran
membaca, menulispermulaan, menyimak, dan berbicara bahasa Indonesia di
kelas-kelasrendah SD (kelas 1 dan 2).
|
19.
|
Psikologi
Perkembangan
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi
mahasiswa pendidikan dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini bertujuan untuk
membekali mahasiswa dengan pengetahuan akan karakteristik perkembangan
psikologi anak-anak mulai dalam rahim hingga menginjak dewasaa. Mahasiswa
diharapkan mengetahui masa keemasan perkembangan otak anak sehingga mampu
memberikan pembelajaran yang sesuai perkembangan anak.
|
20.
|
Ilmu
Pendidikan Islam
|
Ilmu Pendidikan Islam termasuk
salah satu Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Tarbiyah). Dengan Mata Kuliah ini
mahasiswa akan diajak untuk menggali nilai-nilai Islam mengenai ilmu
pendidikan, baik secara teoritik maupun praktik sebagai bekal untuk menjadi seorang guru
yang berlatar belakang dari Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(Tarbiyah).
SK mata kuliah ini adalah:
memahami teori-teori pendidikan Islam, implikasi Al-Qur’an dan Hadits
terhadap pendidikan, teori tentang fithrah, dan komponen pendidikan dalam
Islam.
|
21.
|
Pembelajaran
PKn MI
|
Pemahaman dan penguasaan substansi bidang studi dan
materi kurikulum PPKn untuk MI serta mampu mengelola pembelajaran yang
mendidik. Cakupan materi meliputi nilai-nilai Pancasila,hak dan kewajiban WN,
makna hak dankewajiban WN serta perwujudannya dalam kehidupan sosial, materi
ajar PKn MI, berbagai substansi yang berkaitan dengan kemampuan mengelola
pembelajaran seperti pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran,
pengembangan dan penyajian RP, penilaian proses dan hasil belajar PKn.
|
22.
|
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam MI 1
|
Mata kuliah ini mempelajari tentang pembelajaran IPA
di kelas awal MI, yakni kelas 1, 2, dan 3 baik dari segi konten (isi) materi,
maupun strategi pembelajaran IPA dan pengembangannya. Mata kuliah ini
memadukan karakteristik anak MI kelas awal dengan karakteristik materi IPA
sehingga diperoleh kegiatan belajar mengajar IPA di kelas awal yang sesuai
dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik.
|
23.
|
Ilmu Manthiq
|
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian
program studi. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu
menjelaskan ilmu mantiq dan
kegunaannya, serta berpikir logis sehingga dapat mengaplikasikannya dalam
merumuskan buah pikir yang menunjang terhadap penyusunan konsep-konsep dalam
rangka pengembangan profesionalitas mahasiswa. Dalam perkuliahan ini dibahas :
Pengertian, sejarah, kebutuhan dan manfaat ilmu mantiq
|
24.
|
Pembelajaran
Matematika MI II
|
Mata kuliah ini memberi bekal mahasiswa untuk
mengkaji tentang geometri dan pengukuran, peluang dan statistik serta
pembelajarannya di SD melalui kegiatanmengkaji, berlatih, dan eksplorasi baik
secara individu dan kelompokserta mensimulasikannya.
|
25.
|
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial MI II
|
Pengintegrasian penguasaan substansi dan materi
pembelajaran bidangstudi IPS untuk kelas lanjut SD dengan berbagai prinsip
pengelolaanpembelajaran yang mendidik.
|
26.
|
Pembelajaran
Bahasa Indonesia MI II
|
Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan berbagai
strategi IV-VI)dengan topik-topik bahasan yang mencakup teknik-teknik
meningkatkan perkembangan berbahasa lisan dan tulis.
|
27.
|
Teori Belajar
dan Pembelajaran
|
Mata kuliah Teori Pembelajaran merupakan salah satu
mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini akan mengantarkan para
mahasiswa untuk memahami hakikat belajar dan pembelajaran; dan mengetahui
perkembangan konsep dan teori pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi
hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar,
motivasi belajar, teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitif, teori
belajar konstruktivisme, teori belajar humanisme, konsep pembelajaran,
komponen-komponen pembelajaran, model pembelajaran, dan pembelajaran
kontekstual.
|
28.
|
Telaah
Kurikulum MI
|
Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang konsep dasar kurikulum MI:
pengertian kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum;
Kompetensi-kompetensi Pembelajaran MI serta penjabarannya; implementasi
kurikulum di MI (KTSP, KBK, Kurtilas); Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH);
Pengembangan Silabus dan RPP; Penilaian Pembelajaran; dan Strategi
pelaksanaan kurikulum
|
29.
|
Filsafat
Pendidikan
|
Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang:
Keberadaan dan hakekat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial,
Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai insan pendidikan (homo
educandum), Arti filsafat dan makna pendidikan, Pendekatan filsafat dalam
pendidikan, Pandangan esensialisme dalam pendidikan, Pandangan pherenialisme
dalam pendidikan, Teori pengetahuan dan nilai, Pengembangan nilai untuk
pendidikan manusia seutuhnya, Pendidikan sebagai pelestarian nilai dan
perubahan sosial, Pendidikan sebagai hak dan kewajiban semua warga negara,
Peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara,
Pendidikan individu dan pendidikan masyarakat, Problematikan dalam reformasi
dan konsepsi pendidikan Indonesia masa depan. Dengan mempelajari mata kuliah
ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep filsafat pendidikan sehingga
di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan proses pendidikan
sejalan dengan landasan filsafat pendidikan.
|
30.
|
Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits MI
|
Mata kuliah pembelajaran al-Quran hadits MI
menganalisis konten materi al-Quran hadits di MI serta strategi pembelajaran
dan penilaian mata pelajaran al-Quran hadits MI. Mahasiswa diharapkan mampu
melakukan KBM al-Quran hadits di kelas
rendah dan kelas tinggi sesuai karakteristik anak didik.
|
31.
|
Pembelajaran
Aqidah Akhlaq MI
|
Pendidikan
aqidah akhlak adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar memahami ajaran
islam (knowing) terutama dalam aspek aqidah (tauhid) dan akhlak,
terampil melakukan/melaksanakan ajaran islam(doing),dan melakukan ajaran
islam dalam kehidupan sehari-hari(being) sehingga mencerminkan ajaran
Agama Islam yang rahmatan lil’alamin.
|
32.
|
Pembelajaran
Fiqih MI
|
Mata kuliah
ini diarahkan untuk mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum
Islam, baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk di jadikan
pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial. Mengamalkan ketentuan hukum
Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam
menjalankan ajaran agama islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah swt,
dengan diri manusia itu sendiri maupun hubungannya dengan lingkungan.
|
33.
|
Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam MI II
|
Mata kuliah Pendidikan IPA di Kelas Tinggi merupakan
mata kuliah keahlian bidang studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan status mata kuliah wajib. Mata kuliah ini
diberikan dengan bobot mata kuliah 2 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai
konsep dasar IPA di SD kelas tinggi, proses pembelajarannya, dan membelajarkannya
. Secara garis besar, lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup
pengenalan mengenai (1) Perbedaan Kurikulum KTSP 2006 MaPel IPA SD dan
Kurikulum 2013, (2) Analisis Materi IPA kelas IV, V, dan VI SD Kurikulum
2006, (3) Media Pembelajaran IPA di SD Kelas tinggi , (4) Percobaan dalam
pembelajaran IPA (5). Simulasi pembelajaran IPA pada siswa SD kelas tinggi.
Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu merencanakan
pembelajaran IPA serta dapat mengaplikasikan dalam pembelajarannya di sekolah
dasar kelas tinggi.
|
34.
|
Psikologi
Pendidikan
|
Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar gejala
manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar
psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu,
belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan
belajar.
|
35.
|
Pendidikan
Baca Tulis Al Qur’an
|
Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan
mahasiswa dalam baca tulis al-Quran, membekali mahasiswa dengan cara mengajar
baca tulis al-Quran di MI kelas rendah dan kelas tinggi, serta mengetahui
strategi baca tulis al-Quran yang baik.
|
36.
|
Pengembangan
Kurikulum MI
|
Mata kuliah ini membahas demensi teoritikal
kurikulum, peran personil sekolah, komponen dan proses, problem dan produk
pengembangan kurikulum.
|
37.
|
Pembelajaran
Bahasa Jawa MI
|
Pemahaman dan kemampuan meningkatkan Ketrampilan
berbahasa daerah(Jawa) sebagai calon pengajar bahasa daerah (Jawa) di SD-MI.
aspek-aspekyang dikembangkan meliputi ketrampilan menyimak,
berbicara,membaca, dan menulis Jawa (huruf latin dan huruf Jawa), serta
kesusasteraandaerah (Jawa), untuk pembelajaran bahasa daerah (Jawa) di SD-MI.
|
38.
|
Pembelajaran
Penjaskes MI
|
Membuat silabus mapel Dikjas, membuat Rencana
Pembelajaran modifikasi permainan bola besar (voli, basket, sepak bola) dan
modifikasi atletik(lompat jauh, lompat tinggi) senam dan latihan mengajar.
|
39.
|
Media
Pembelajaran
|
Pemahaman dan penguasaan substansi media sebagai
komponen dalam sistem pembelajaran di SD-MI yang meliputi prinsip, fungsi,
jenis, karakteristik, dasar-dasar pengembangan, pemilihan, pemanfaatan
danperawatan, serta evaluasi media pembelajaran.Pembahasan materimencakup
konsep-konsep dan aplikasi media pembelajaran berdasarkanklasifikasi media
visual, audio, audio-visual, dan multi media sesuaidengan strategi
pembelajaran yang digunakan.Untuk mengetahuipencapaian kompetensi diperoleh
dengan tes tulis, unjuk kerja, dan hasil karya.
|
40.
|
Pembelajaran Tematik
|
Mata
kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakikat, prinsip-prinsip penyusunan
perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompleksitasnya serta melaksanakan
dan mengevaluasi pembelajaran tematik di MI
|
41.
|
Metodologi
penelitian Pendidikan I
|
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan
dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan
sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara
masalah penelitian, tujuan penelitian , hipotesisi, dan analisis data,;
proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi
penulisan laporan penelitian dan berbagai cara utuk meningkatkan kualitas
penelitian beserta manfaatnya baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun
pengambilan keputusan.
|
42.
|
Pembelajaran
Bahasa Arab MI
|
Mata kuliah pembelajaran Bahasa Arab MI menganalisis
konten materi Bahasa Arab di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian
mata pelajaran Bahasa Arab MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM
Bahasa Arab MI yang menarik dan inovatif sesuai karakteristik anak didik.
|
43.
|
Pembelajaran
Bahasa Inggris MI
|
Mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris MI
menganalisis konten materi Bahasa Inggris di MI serta strategi pembelajaran
dan penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris MI. Mahasiswa diharapkan mampu
melakukan KBM Bahasa Inggris dengan baik di kelas rendah dan kelas tinggi
sesuai karakteristik anak didik.
|
44.
|
Pembelajaran
SKI MI
|
Mata kuliah pembelajaran SKI MI menganalisis konten
materi SKI di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian mata pelajaran SKI
MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM SKI MI dengan baik dan menarik
sesuai karakteristik anak didik MI.
|
45.
|
Perencanaan
Pembelajaran
|
Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah
MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru
madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa berkaitan dengan
konsep perencanaan pembelajaran yang langsung bisa diaplikasikan dalam
pembelajaran. Secara garis besar pokok kajian matakuliah
dipetakan menjadi
tiga, yaitu paradigma
atau pendekatan, metode dan teknik penyusunan perencanaan pembelajaran yang
didasarkan atas aliran-aliran pendidikan, silabus dan kontribusi matakuliah ini
dalam pendidikan guru madrsah ibtidaiyah.
|
46.
|
Bimbingan dan
Konseling
|
Bimbingan dan Konseling merupakan mata kuliah
MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil
oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Dalam matakuliah ini mahasiswa akan dibekali tentang usaha pemberian bantuan kepada individu (peserta didik) yang dilakukan
secara berkisanambungan dengan teknik hubungan antara konselor dan klien
sehingga individu tersebut memahami dirinya. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu pendekatan Bimbingan dan
Konseling; landasan bimbingan dan
konseling; pendekatan, strategi metode dan teknik bimbingan dan konseling;
bimbingan dan konseling pendidikan guru madrasah di Indonesia dan kontribusi matakuliah ini terhadap pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
|
47.
|
Evaluasi
Pendidikan MI
|
Mahasiswa memahami konsep-konsep penilaian berbasis
kelas, dapat mengembangkan berbagai alat evaluasi belajar, terampil
merencanakan,
melaksanakan, mengolah, dan melaporkan evaluasi
belajar.
|
48.
|
Metodologi
Penelitian Pendidikan II
|
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan
dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan
sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara
masalah penelitian, tujuan penelitian , hipotesisi, dan analisis data,;
proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi
penulisan laporan penelitian dan berbagai cara utuk meningkatkan kualitas
penelitian beserta manfaatnya baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun
pengambilan keputusan.
|
49.
|
Manajemen
Pendidikan MI
|
Mengkaji dan membahas tentang konsep, pendekatan
aspek dan fungsimanajemen di SD, Struktur organisasi SD, bidang garapan
manajemenpendidikan, kepemimpinan, supervasisi, dan manajemen berbasis
sekolah serta manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah.
|
50.
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) MI
|
Pengkajian dan pemahaman dasar hardware komputer,
mampumengoperasikan, dan menguasai software Microsoft Office & Microsoft
Power point.
|
51.
|
Statistik
|
Pemahaman dasar statistik dalam praktik dan
penelitian meliputi penyajiandata, penafsiran, dan uji hipotesis.
|
52.
|
Penelitian
Tindakan Kelas
|
Mata kuliah ini terdiri dari pokok bahasan hakikat
penelitian tindakan kelas, langkah-langkah penelitian tindakan kelas,
perencanaan penelitian, pelaksanaan perbaikan dalam pembelajaran, analisis
hasil penelitian tindakan kelas, serta penulisan laporan penelitian tindakan
kelas.
|
53.
|
Manajemen
Konseling
|
Mata kuliah ini mengajarkan manajemen dalam melakukann
konseling. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan manajemen konseling terhadap
anak dengan baik sesuai apa yang dibutuhkan anak, baik dalam bidang akademik,
karir, maupun hal lainnya. Dengan adanya manajemen konseling, diharapkan
proses konseling MI dapat berjalan dengan baik
|
54.
|
Pembelajaran
Seni Budaya Keterampilan MI
|
Pemahaman dan penguasaan substansi bidang studi dan
materi kurikulum serta mampu mengelola pembelajaran ketrampilan kerajinan
yang mendidik di MI. Pengalaman belajar diwujudkan dalam kegiatan
mengkaji,memahami, menerapkan pengetahuan, sikap, berlatih berkarya,
danmengapresiasi karya ketrampilan kerajinan yang diakhiri dengan
pameranserta simulasi pembelajaran. Cakupan materi mencakup pengantar
danruang lingkup, pengetahuan alat dan bahan, jenis-jenis karya,
praktikberkarya, strategi dan evaluasi pendidikan seni rupa di SD-MI.
Pencapaiankompetensi dengan tertulis, tugas, berkarya, apresiasi, evaluasi
dan simulasi.
|
55.
|
Pengembangan
Profesionalisme Guru
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi
calon guru MI (mahasiswa PGMI) dengan bobot 2 SKS. Materi dari mata kuliah
ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi pengembangan profesionalisme calon
guru sehingga akan menjadi guru yang profesional ketika sudah di masyarakat.
|
56.
|
Edupreneurship
I
|
Mengkaji konsep dan pengembangan kewirausahaan dalam
rangkamenumbuhkembangkan jiwa wirausaha yaitu kemampuan memotivasi diri untuk
mengindera peluang usaha baru, menciptakan jasa produksi,pemasaran,
kemitraan, dan mengembangkan kewirausahaan sesuai denganbidang keilmuan yang
dipelajari.
|
57.
|
Karya Tulis
Ilmiah
|
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi
kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah.
Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah,
analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah,
evaluasi menulis karya ilmiah, dan penelitian dalam penulisan karya ilmiah.
Perkuliahan dilakukan dengan pendekatan genre dan pendekatan proses,
sedangkan penilaian terutama dilakukan terhadap pemberian tugas-tugas yang
terkumpul dalam portofolio, tes tengah semester, dan tes akhir semester.
|
58.
|
PPL I (Microteaching)
|
Pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan
dasar mengajar,pemahaman landasan filosofis dan konsep teoritik PPL, simulasi
dan microteaching sebagai bekal ajar nyata di SD-MI. Pencapaian kompetensiini
diukur melalui tugas/proyek dan simulasi.
|
59.
|
Seminar
Proposal Skripsi
|
Seminar proposal skripsi merupakan mata kuliah pra
syarat skripsi dengan bobot 2 SKS. Tidak ada pertemuan tatap muka di kelas,
tetapi perkuliahannya berlangsung di luar kelas dengan tugas mengajukan judul
penelitian, membuat proposal skripsi, serta proses bimbingan awal dengan
program studi
|
60.
|
Edupreneurship
II
|
Mengkaji pengembangan kewirausahaan di bidang
pendidikan. Menganalisis perkembangan pendidikan dan mencari peluang usaha
dari perkembangan pendidikan. Melihat prospek usaha di bidang pendidikan dan
menerapkan dalam bentuk nyata.
|
61.
|
Pengembangan
Bahan Ajar MI
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan
menciptakan, mengkreasikan, dan mengembangkan bahan ajar dalam setiap mata
pelajaran sesuai kebutuhan peserta didik serta kondisi sosial budaya
masyarakat. Inovasi bahan ajar akan mampu melahirkan guru yang kreatif dan
menyenangkan
|
62.
|
Sosiologi
Pendidikan
|
Pemahaman definisi, sifat, hakikat, objek, metode,
teori dan sejarahsosiologi. Mengkaji masyarakat menurut kacamata sosiologi
denganmemfokuskan kajian pada pemahaman sistem nilai dan sistem social
masyarakat yang meliputi stratifikasi sosial, institusi sosial, kelompok
sosial, dan perubahan sosial.
|
63.
|
Studi Tokoh Pendidikan
|
Mata kuliah ini menganalisis dan mempelajari
pemikiran tokoh pendidikan dan pengaruhnya di masyarakat. Tokoh pendidikan
yang menjadi bahan kajian adalah tokoh pendidikan muslim, barat, dan tokoh
pendidikan nasional.
|
64.
|
Supervisi
Pendidikan
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep
supervisi pendidikan, aplikasi di sekolah, serta mengevaluasi proses
pendidikan yang berlangsung kemudian memberikan jalan keluar dalam setiap
permasalahan yang dihadapi.
|
65.
|
Strategi
Pembelajaran
|
Pemahaman dan kemampuan tentang prinsip-prinsip
pendidikan yangmelandasi proses pembelajaran, khususnya bagi anak SD serta
berbagai
pendekatan, strategi, metode, dan teknik-teknik
pembelajaran yangdapat diturunkan dari prinsip-prinsip pendidikan. Penerapan
dari prinsipprinsiptersebut diwujudkan dalam bentuk latihan merancang
pembelajarandalam konteks yang actual serta berlatih melakukan pembelajaran
denganmenggunakan berbagai media dan sumber belajar.Penguasaan
kompetensidinilai melalui asesmen alternatif.
|
66.
|
Pendidikan Berkebutuhan
Khusus*
|
Pemahaman dan pengkajian landasan filosofis,
yuridis, empiris, system manajemen, kurikulum, pengelolaan kelas, sarana
prasarana, tenagapendidik dan tenaga kependidikan, evaluasi dan sistem
kenaikan kelaspendidikan inklusif serta pemberdayaan masyarakat.
|
67.
|
Pendalaman
NDSA*
|
Memperdalam tenang ciri khas institusi
yakni Nilai Dasar Salih Akram (NDSA) yang membekali mahasiswa tentang nilai-nilai
yang disarikan dari al-Qur’an dan hadis dan diejawantahkan dalam semua aspek
kehidupan. Secara garis
besar pokok kajian matakuliah ini
dipetakan menjadi tiga, yaitu Shaleh-Akram dan relevansinya
dengan (Perguruan Islam dan Sekolah Tinggi) Mathaliul Falah, konsep dan
praktik nilai 9 + 1 dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di
madrasah ibtidaiyah.
|
68.
|
Praktik
Keterampilan dan Kerajinan*
|
Merupakan mata kuliah praktik keterampilan dan
kerajinan yang lebih banyak menekankan pada hasil kreasi mahasiswa dalam
membuat kerajinan. Hasil dari kreasi mahasiswa akan dipamerkan dalam sebuah
pameran di akhir perkuliahan.
|
69.
|
Multimedia
Animasi Pembelajaran *
|
Mata kuliah multimedia animasi pembelajaran
merupakan mata kuliah pengembangan dari media pembelajaran berbasis iptek.
Mahasiswa diharapkan dapat membuat animasi pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia
serta aplikasi lainnya sehingga membuat pembelajaran lebih menarik.
|
70.
|
PPL II
|
Pemahaman, penguasaan dan pemantapan ketrampilan
melaksanakanadminsitrasi, PBM, bimbingan belajar, dan kegiatan ekstra
kurikuler diSD-MI. Pencapaian kompetensi ini diukur dengan praktik ajar nyata
dikelas, observasi kepribadian dan tugas/proyek serta laporan PPL baik
individu maupun kelompok.
|
71.
|
KKN
|
Mahasiswa menerapkan pengetahuan dan ketrampilannya
di masyarakat untuk membantu masyarakat menangani berbagai permasalahan
kehidupan (ekonomi, sosial, politik, psikologi) dan memajukan kehidupan dan
lingkungannya.
|
72.
|
Skripsi
|
Mata kuliah
meliputi kajian tentang tugas akhir berupa pembuatan skripsi berupa hasil
penelitian yang merupakan tindak lanjut dari mata kuliah seminar proposal
skripsi.
|
- Home
- Profil
- _Sejarah Prodi
- _Visi-Misi Prodi
- _Struktur Organisasi
- _Profil Dosen
- _Hubungi Kami
- Pendaftaran
- _Daftar Online
- _Biaya Kuliah
- _Website PMB
- Akademik
- _Kalender Akademik
- _Panduan Akademik
- _Pedoman Penulisan Skripsi
- _Pengajuan Judul Skripsi
- _Daftar Ujian Proposal
- _Panduan PPL 2024
- _Informasi KKN
- HMPS
- _Visi-Misi HMPS
- _Pengurus HMPS
- _Karya Mahasiswa
- _Prestasi Mahasiswa
- Akreditasi Prodi
- _Akreditasi 2019
- _Akreditasi 2022
- _Akreditasi 2024
- Kritik & Saran
0 Comments