Header Ads

Header Ads

GESTA (Gebyar Seni dan Talenta) Part 2 HMPS PGMI IPMAFA “ FESTIVAL SENI & OLIMPIADE MI/SD se- JAWA TENGAH”

 



 

 

 

 


                              

Margoyoso (04/07/2024)

Pada hari kamis, tanggal 04 Juli 2024 pukul 08.00 – 12.00 WIB, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah adakan GESTA (Gebyar Seni dan Talenta) part 2 “Festival Seni & Olimpiade MI/SD se- Jawa Tengah”.

Acara GESTA part 2 ini, merupakan acara lanjutan dari GESTA part 1 yang telah dilaksanakan oleh HMPS PGMI pada tanggal 23 – 24 Mei 2024 lalu. Yang mana acara GESTA part 2 ini tidak jauh beda dengan acara GESTA part 1. Pada GESTA part 2 ini, HMPS PGMI mengadakan acara lomba untuk MI/SD se- Jawa Tengah. Pada acara GESTA part 2 “Festival Seni & Olimpiade MI/SD se- Jawa Tengah ini, ada beberapa kategori lomba MI/SD, yang pertama yaitu lomba pidato Bahasa Jawa, yang kedua yaitu lomba Stoty Telling, yang ketiga yaitu Lomba Tari, dan yang terakhir yaitu LCC (Lomba Cerdas Cermat).

Untuk jumlah peserta yang mendaftar lomba MI/SD se- Jawa Tengah yaitu berjumlah 14 sekolah. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kategori lomba-lomba MI/SD tersebut.

Pada hari Senin, 01 Juli 2024 para panitia GESTA part 2 mengadakan TM (Technical Meeting) dengan para pendamping sekolah yang telah mendaftar. Rangkaian acara pada TM yaitu, pembukaan, pembacaan juknis lomba, dan tanya jawab oleh para pendamping sekolah.

Acara GESTA part 2 dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 04 Juli 2024 pada pukul 07.30 – 12.00 WIB yang bertempat dibeberapa ruangan, yaitu Aula 2 Kampus IPMAFA untuk pembukaan, sekaligus lomba Pidato Bahasa Jawa dan lomba Story Telling Aula 1 Kampus IPMAFA untuk lomba Tari dan penutupan, dan ruang kelas 214 untuk  LCC (Lomba Cerdas Cermat). Untuk rangkaian acaranya yaitu, yang pertama pembukaan (07.30 – 07.35 WIB), yang kedua pembacaan ayat suci Al- Quran oleh saudara Nashirul Huda (07.35 – 07.40WIB), yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IPMAFA (07.40 – 07.50 WIB), yang keempat yaitu sambutan oleh ketua HMPS PGMI Maulana Irfan Nasa’I dan sambutan oleh Bapak Dekan Tarbiyah M. Sofyan An Nashr M. Pd (07.50 – 08.00 WIB), acara yang kelima yaitu pelaksanaan lomba MI/SD, diantaranya yaitu  lomba Tari dengan dewan juri yaitu Ibu Farah Kamelia Ali Putri M. Pd dan Ibu Dita Sari S.Pd (08.00 – 11.00 WIB) bertempat di Aula 1 Kampus IPMFA, Lomba Cerdas Cermat (LCC) dengan dewan juri yaitu Ibu Fira Nadhiratul Afrida M. Pd dan Ibu Irma Nur Af’idah M. Pd (08.00 – 11.00 WIB) bertempat di Ruang kelas 214, lomba Story Telling dan Pidato Bahasa Jawa dengan dewan juri Bapak Khabib Solihin, S. E. Sy, M. M dan Bapak Muhammad Luthfi Hakim, S. Sy. M. M (08.00 – 11.00) yang bertempat di Aula 2 Kampus IPMAFA. Dan acara yang terakhir yaitu pengumunan lomba dan penutup (11.30 – 12.00) bertempat di aula 1 Kampus IPMAFA.

Lomba diakhiri dengan pengumuman juara lomba, dan penyerahan sertifikat sekaligus piala. Untuk kategori lomba Tari Budaya dimenangkan oleh MI Mansyaul Ulum Sukoharjo dengan perolehan nilai 695 dan dinyatakan sebagai juara pertama, untuk juara kedua yaitu MI Mambaul Huda Tunjungrejo dengan perolehan nilai 680, dan untuk juara ketiga yaitu MI Mansyaul Ulum Sukoharjo dengan perolehan nilai 650.

Untuk kategori lomba Pidato Bahasa Jawa dimenangkan oleh MI Manbaul Huda Tunjungrejo dengan perolehan nilai 570 dan dinyatakan sebagai juara pertama, untuk juara kedua yaitu dari MI Al Hikmah Kajen dengan perolehan nilai 555, dan untuk juara ketiga yaitu dari MI Manba’ul Falah Gerit dengan perolehan nilai 483.

Untuk kategori lomba Story Telling yaitu dimenangkan oleh MI Miftahul Flah Jepatlor dengan perolehan nilai 572, untuk juara yang kedua yaitu dari MI Manba’ul Falah Gerit dengan perolehan nilai 553, dan untuk juara ketiga yaitu dari MI Manahijul Huda Ngagel dengan perolehan nilai 543.

Untuk kategori LCC (Lomba Cerdas Cermat) dimenangkan oleh MI Al Hikmah Kajen sebagai juara pertama, juara kedua yaitu dari MI Tarbiyatul Banin Pekalongan, dan juara ketiga yaitu MI Manba’ul Falah Gerit.

Setelah rangkaian acara GESTA part 2 selesai, para panitia dengan didampingi Ibu Fira Nadliratul Afrida M. Pd dan Ibu Irma Nur Af’idah M. Pd melakukan evaluasi bersama. Yang mana pada evaluasi tersebut para panitia menyampaikan beberapa masukan dan saran untuk lomba MI/SD selanjutnya. Dan diakhiri dengan foto bersama panitia.

Fathika selaku salah koordinator sie. Acara panitia menyampaikan beberapa kendala  saat acara GESTA part 2 “ kendala dari acara GESTA part 2 lomba MI/SD ini adalah dari segi persiapan panitia yang kurang matang, mungkin kedepannya bisa dibuat pelajaran kembali jika menyelenggarakan lomba yang pesertanya dari luar lebih dimatangkan konsep persiapan acara dengan lebih baik” tutur Fatikha sebagai koordinator sie. Acara.

“ Semoga kedepannya bisa lebih meriah, persiapan dari panitia juga lebih matang, dan melihat jadwal dengan agenda tahunan dari KEMENAG, karena kebetulan acara lomba ini bersamaan dengan lomba KSM (Kompetensi Sains Madrasah) untuk Madrasah Ibtidaiyah di tingkat Kecamatan”. Tutur Nasa’I selaku ketua HMPS periode 2023/2024.

 

Redaksi : Irana NMM