Header Ads

Header Ads

HMPS PGMI Adakan Talkshow Perdana “TANTANGAN PENDIDIK DALAM MENGHADAPI PERALIHAN KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM MERDEKA”

 

Margoyoso (21/12/23) 

Kamis, 21 Desember 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah (PGMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah menyelenggarakan acara Talkshow PGMI yang di Aula 2 kampus Ipmafa. 

Acara Talkshow PGMI yang berlangsung mulai pukul 08.00 ini termasuk program kerja dari Divisi Intelektual HMPS PGMI IPMAFA dan termasuk acara perdana yang diadakan oleh HMPS PGMI IPMAFA. Pada acara Talkshow PGMI ini, panitia mengambil tema “TANTANGAN PENDIDIK DALAM MENGHADAPI PERALIHAN KURIKULUM 2013 KE KURIKULUM MERDEKA” dengan narasumber yaitu Bapak Dr. H. Husni Mubarok, M. Pd.I dosen PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Acara ini dipandu mahasiswa PGMI sendiri, Muhammad Khoirul Muwaffiq mahasiswa PGMI semester 5.  

Latar belakang kegiatan ini adalah urgensi perubahan dalam dunia pendidikan, seiring dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik yang semakin kompleks dan beragam. Di tengah dinamika tersebut, Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dengan langkah strategisnya yakni mengalihkan kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka. Pergeseran Paradigma Kurikulum tersebut menciptakan tantangan tersendiri terutama bagi mahasiswa PGMI. Sebagai calon pendidik, harus memahami, mengantisipasi, dan beradaptasi dengan perubahan guna memastikan kelancaran proses pembelajaran di tingkat dasar. 

Penyelenggaraan Talkshow menjadi langkah strategis, agar mahasiswa PGMI memahami peralihan kurikulum dan segera beradaptasi dengan perubahan tersebut. Talkshow digelar sebagai platform bertukar pengetahuan, pengalaman, dan strategi yang efektif dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, serta menciptakan calon tenaga pendidik yang berkualitas, responsif dan pro aktif untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan memajukan pendidikan. 

Rangkaian acara dalam Talkshow PGMI diawali pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IPMAFA, sambutan dari Perwakilan dari Kaprodi PGMI IPMAFA , Ibu Fira Nadhiratul Afrida M.Pd., ketua HMPS PGMI, Maulana Irfan Nasa’i, dan ketua panitia Talkshow, Uswatun Nikmah, acara inti penyampaian materi dan tanya jawab, pelatihan Mars PGMI, sebelum penutup diadakan doa khataman dan tahlil bersama dalam rangka menjelang UAS semester ganjil. 

Acara Talkshow tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa PGMI Ipmafa dari semester 1 sampai semester 5, yang mana acara ini diwajibkan sebagai syarat pra UAS semester ganjil. 

Di dalam acara Talkshow tersebut, Bapak Dr. H. Husni Mubarok, M. Pd.I yang juga menjabat sebagai sekretaris pascasarjana PGMI IAIN Kudus, menyampaikan “Pendidikan bermutu tentu tidak bisa terlepas dari kurikulum yang digunakan dalam satuan pendidikan karena kurikulum merupakan suatu alat (tools) yang menentukan dalam merealisasikan tercapainya tujuan pendidikan tersebut. Arti secara luas, kurikulum merupakan alat yang dapat mempengaruhi siswa, baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.” 

“Harapannya setelah acara ini terselenggara adalah teman teman mahasiswa bisa mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi dalam peralihan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Karena kita mahasiswa di bidang pendidikan maka dari itu sudah sewajarnya kita mengerti hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan” Tutur Nasa’i ketua HMPS PGMI. 

Kemudian Uswatun Nikmah, ketua panitia, memberikan pesan dan kesan atas diselenggarakannya acara Talkshow ini. 

“Semoga dengan diselenggarakannya acara talkshow ini dapat menambah literasi dan menambah semangat untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik yang unggul dimasa depan. Kesan saya pribadi, antusias para mahasiswa PGMI IPMAFA patut diacungi jempol dalam acara talkshow ini, peserta terlihat enjoy dan menikmati narasumber dan host dengan obrolan yang santai tetapi berbobot” tutur Uswatun.

Redaksi Irana N.M.M