Header Ads

Header Ads

Inilah Gelar Karya Perdana Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IPMAFA

  

Redaksi IPMAFA – Inilah Gelar Karya Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) merupakan produk akhir dari hasil mata kuliah atau hasil karya keahlian khusus mahasiswa Fakultas Tarbiyah selama satu semester. Beragam karya inovatif dan kreatif ditampilkan dalam kegiatan yang dihelat pada Sabtu (15/07/2023) lalu.

Karya-karya yang ditampilkan meliputi bidang seni pertunjukan yang dikemas dalam pertunjukan seni musik dan drama.

Selain bidang seni pertunjukan, ditampilkan juga produk media pembelajaran dan modul pembelajaran inovatif yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada instansi pendidikan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IPMAFA baik dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mendapatkan apresiasi luar biasa dari berbagai pihak.

Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Agus Syakroni M.Pd menuturkan bahwa inovasi perkuliahan perlu dilakukan melalui pendekatan dan pembelajaran perkuliahan. Sudah seharusnya mata kuliah tidak berkutat pada hasil ranah pengetahuan, akan tetapi menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Ini merupakan karya inovatif, kreatif yang dihasilkan dari proses perkuliahan. Tentunya ini hal yang patut diapresiasi. Saatnya kita menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak,“ tuturnya.

Kegiatan yang bertajuk “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” merupakan hasil inisiasi dari beberapa dosen pengampu mata kuliah pada Fakultas Tarbiyah. Selain sebagai ajang unjuk kreatifitas mahasiswa, adanya kegiatan ini juga sebagai fasilitas penilaian ulangan akhir semester (UAS).

“Kegiatan Gelar Karya Mahasiswa merupakan kegiatan perdana, yang sebenarnya adalah tugas UAS Fakultas Tarbiyah baik dari PBA, PIAUD, dan PGMI, ” ucap salah satu dosen pengampu mata kuliah sekaligus penginisiasi acara, Fira Nadliratul Afrida, M.Pd.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini dapat memacu semangat mahasiswa dalam mengemas dan menghasilkan produk yang menarik, terjalinnya komunikasi antar prodi yang lebih akrab, serta kooperatif dalam berkolaborasi.

“Saat ini tidak melulu tentang kompetisi, saatnya kita berkolaborasi” ungkapnya.

Pada kesempatan lain, Ketua Panitia Kegiatan Ahmad Falih Nur Hidayat berharap agar nantinya lebih banyak lagi pihak yang turut mengapresiasi, respect dan menghargai inovasi dan kreativitas yang telah dilakukan oleh mahasiswa.

“Acara ini merupakan acara perdana namun panitia semangat untuk mensukseskan acara, semoga acara semacam ini dapat berlanjut lagi, tidak hanya tahun ini saja. Dan nantinya mendapatkan support dari berbagai pihak terkait,” pungkasnya. (NIS-03/Uha-01)