Header Ads

Header Ads

METODE HARUM PALA PADA MATERI SATUAN PANJANG MATEMATIKA

 



Matematika termasuk ilmu universal yang berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan dalam mengembangkan daya berpikir manusia. Matematika juga dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan bekerja sama. Sehingga menjadikan matematika sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Namun pada kenyataanya, bagi sebagian siswa merasa mata pelajaran ini tidak disukai karena terdapat anggapan bahwa matematika adalah hal yang membosankan dan sulit. Hingga saat ini pun tidak sedikit siswa yang menghadapi beberapa kendala seperti mengalami kesulitan dan merasa takut saat belajar matematika.

Rendahnya minat dan hasil belajar matematika, salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang monoton ataupun pembelajaran tidak begitu menyenangkan. Oleh karena itu, guru memegang peranan yang penting dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, mengharuskan pembelajaran matematika perlu dikemas semenarik dan semenyenangkan mungkin, agar minat siswa terhadap pembelajaran matematika meningkat. Kesadaran siswa dalam mengikuti aktivitas pembelajaran ini penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran.

Setiap guru pasti mempunyai strategi yang berbeda-beda dalam menyikapi beberapa permasalahan yang ada.  Salah satu cara agar terciptanya pembelajaran yang unik, baru, aktif, dan menyenangkan adalah melalui rumus lagu, belajar sambil bernyanyi, atau dalam hal ini dinamakan sebagai Metode Pembelajaran HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu). Metode ini memfasilitasi agar guru maupun siswa dapat mengekpresikan dirinya dalam belajar dan tidak mengalami kejenuhan.

Musik, lagu, dan bernyanyi merupakan satu kesatuan. Dengan metode bernyanyi, seorang anak akan lebih cepat mempelajari, menguasai, dan mempraktikkan suatu materi ajar yang disampaikan oleh guru. Selain itu, kemampuan siswa dalam menyimak (listening), bernyanyi (singing), berkreativitas (creative) dapat dilatih melalui kegiatan ini. Metode bernyanyi mudah di gunakan sehingga dapat di terapkan diberbagai tingkat pendidikan serta memiliki banyak manfaat meliputi: membuat mata pelajaran yang tidak menarik menjadi lebih menarik, peserta didik lebih mudah menyerap pembelajaran karena lirik dan lagu yang digunakan dapat disesuaikan dengan pembelajaran, dapat membantu mempertajam daya ingat peserta didik, kosakata peserta didik bertambah dan dapat meningkatkan percaya diri peserta didik.

Salah satu seorang guru matematika yang melalui akun media sosial TikToknya @HartaTahtaNanda, dia membagikan cara unik menyampaikan materi satuan panjang dengan cara bernyanyi bersama. Video milik akun tiktok @HartaTahtaNanda sudah dilihat lebih dari 10 juta pengguna dan disukai hingga 2 juta pengguna. Lirik lagunya sebagai berikut:

Kilo, hekto, deka, meter

Iyaiyayoooo…

Desi, centi, millimeter

Iyaiyayoooo…

Lompat ke bawah! Terus ke bawah

Itu dikali (x)

Lompat ke atas! Terus ke atas

Itu dibagi (:)

Iyaiyayoooo…

Lagu tersebut cukup terngiang-ngiang di kepala karena nada dan lagunya sudah tidak asing di kepala peserta didik. Tak sekedar bernyanyi guru matematika tersebut juga memberikan gerakan pada beberapa bagian lirik lagu.

Adanya kegiatan menyanyi menjadikan kegiatan belajar menjadi mengasyikan dan tidak merasa jenuh, sehingga para siswa tidak merasa bosan juga suasana kelas happy dan menyenangkan. Selain itu juga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Pada dasarnya anak-anak lebih suka mendengarkan, menyanyi, dan belajar dengan nada bernyanyi atau lagu. Maka dari itu musik secara umum juga menjadi bagian bernilai relevan dari berlangsungnya kegiatan belajar-mengajar. Hampir disemua nyanyian dari yang tradisional sampai pop bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Tapi tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu guru hendaknya bisa memilih, menyeleksi atau menciptakan lagu yang bisa di gunakan baik untuj menyanyi bersama maupun bernyanyi sambil melakukan kegiatan. Bahkan ada sebagian guru yang menjadikan nyanyian tradisional sampai musik genre pop sebagai referensi pengaplikasian nada pada metode pembelajaran

Metode HARUM PALA ini dapat menjadi solusi untuk siswa dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang di hadapi. Yang awalnya siswa merasa kesulitan menghafalkan satuan panjang sekarang menjadi mudah menghafal satuan panjang dengan menyanyikan lagu. Metode pembelajaran HARUM PALA juga membuktikan bahwa belajar matematika itu menyenangkan.

SUMBER

Maris. (2010). Belajar Matematika yang Menyenangkan Melalui Metode Permainan. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF Vol V no I

Pratama. (2015). Pengembamgan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbadis Adobe Flash CS6 Professional pada Materi Aljabar SMP. (Tesis). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Miranti, dkk. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anam dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PIAUD. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol II no II

Pratama, R.A, Waskitoningtyas, R.S, & Permatasari, B.I. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Balikpapan. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 7 No 3

Siti Mukarromah. (12 Desember 2022). Upaya mengatasi Kesulitan Belajar Matematika dengan Metode Hafalan Rumus Pakai Lagu (Harumpala). Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/tulisansimuk2341/639727c4936a2d555b6ab1e2/upaya-mengatasi-kesulitan-belajar-matematika-dengan-metode-hafalan-rumus-pakai-lagu-harumpala

Milani Resti Dilanggi. (13 Februari 2022). Viral Guru Matematika Mengajar Pakai Lagu, Sebut Metodenya Beri Dampak Positif bagi Murid. Tribunnews.com. https://m.tribunnews.com/nasional/2022/02/13/viral-guru-matematika-mengajar-pakai-lagu-sebut-metodenya-beri-dampak-positif-bagi-murid?page=3

 

Penulis:

Alya Zulfah (21.13.00163) Mahasiswa PGMI IPMAFA


Editor:

Latifah Nuraini, M.Pd. Dosen Konsep Dasar Matematika PGMI IPMAFA