Header Ads

Header Ads

Kembangkan Bakat Minat Mahasiswa, PGMI IPMAFA Adakan GESTA


(Pati, 16 Desember 2022) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Pesantren Mathali'ul Falah menyelenggarakan Festival PGMI di penghujung tahun 2022 bertempat di auditorium II IPMAFA. Acara yang  diikuti seluruh Mahasiswa PGMI tersebut, berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. 
Kegiatan dimulai dengan seminar kebudayaan dengan tema kegiatan "Nguri-Nguri Kabudayan Jawi ing Jaman Tekhnologi". Acara juga dimeriahkan dengan rentetan lomba termasuk Mas Mbak PGMI, Media Pembelajaran, Video Perkenalan Kelas, Tari, dan Nembang Jawi. Sebelumnya, beberapa babak penyisihan dari beberapa lomba telah dilaksanakan tanggal 9 dan 12 Desember lalu.

"Jikalau zaman sudah berkembang, Budaya Jawa mungkin akan semakin rendah kuantitasnya, namun ia akan tetap ada dalam peradaban manusia" Tutur Toto Supriyatno Narasumber Seminar.

Selama acara berlangsung, nuansa Budaya Jawa sangat kentara dengan beberapa identitas yang diperlihatkan. Mulai dari dresscode pesertanya yang diwajibkan memakai jarit, perlombaan tari-tarian Jawa, Nembang Jawi, dan juga baju adat khas Pati untuk para Finalis Mas Mbak PGMI IPMAFA 2022.

"Tujuan acara ini adalah mencari bakat yang dimiliki mahasiswa PGMI, sehingga bisa didelegasikan pada perlombaan-perlombaan tingkatan Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional, selain itu juga sebagai pengembangan SDM Mahasiswa PGMI. Harapannya, dalam acara ini Mahasiswa PGMI dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat dan menambah mahabbah pada Budaya Jawa yang harus tetap lestari" tutur Shinta Afifa Putri ketua HMPS PGMI IPMAFA dengan penekanannya pada urgensi makna dari tema acara.
Puncak acara final Mas Mbak PGMI tetap berlangsung sesuai rencana, meski diguyur hujan. Terpilihnya Hazib Maulana Amril Muhaiminan dan Fika Dyah sebagai Mas dan Mbak PGMI, diharapkan dapat menjadi Best Icon untuk seluruh Mahasiswa PGMI.

(HMPS)