Header Ads

Header Ads

MAHASISWA PGMI IPMAFA BERANI JADI GURU SEJATI

 


           

      Sahabat MI dan Diskusi Ibtida' berkolaborasi mengadakan kegiatan  Achievement Motivation Training dengan tema "Dare to be a Great Teacher". Kegiatan  yang diselenggarakan pada Selasa, 1 Maret 2022 ini diperuntukkan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IPMAFA, khususnya semester 2, 4 dan 6. Kegiatan ini menjadi wadah untuk mengembangkan potensi mengajar mahasiswa PGMI, dengan tujuan dapat mendorong mahasiswa PGMI untuk mempraktikkan pendidikan yang bebas, mandiri, dan penuh persahabatan. Selain itu dalam kegiatan ini juga diharapkan dapat  memotivasi mahasiswa PGMI untuk berpartisipasi dalam program Sahabat MI, serta dapat  menjalin tali silaturrahim antar sesama mahasiswa PGMI. Peserta Achievement Motivation Training (AMT) tercatat sebanyak 115 peserta dan dihadiri oleh dosen-dosen Prodi PGMI serta Dekan Fakultas Tarbiyah.      

      Pemateri kegiatan AMT kali ini adalah Ibu Dian Mustika Anggraini, M.Pd. (Finalis pertukaran pemuda Indonesia Kanada tahun 2013) dan Muhammad Taufiqul Aniq, S.Pd. (Guru SD Islam Hidayah Tayu sekaligus Alumni PGMI IPMAFA). Kegiatan AMT diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan Kaprodi PGMI, Bapak Mohammad Agus Jauhari, Lc, M.Pd.I.  dan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak Agus Syakroni, M.Pd yang menjelaskan pentingnya terselenggaranya acara AMT ini bagi mahasiswa PGMI.

          Ibu Dian, pemateri yang juga pengajar di IAIN Kudus menjelaskan bagaimana menjadi mahasiswa yang tidak hanya belajar tentang teori tetapi juga dapat mengaplikasikannya. Beliau berbagi pengalamannya ketika masih di bangku kuliah yang juga mengikuti kegiatan serupa dengan Sahabat MI, yaitu ‘Sekolah Bibit’, bahwa kegiatan tersebut memberikan pengalaman langsung bertemu dengan siswa, berkomunikasi dengan guru, dan masyarakat. Bertemu dengan siswa, menyelami dunia siswa, dan belajar menjadi guru yang mengerti kebutuhan siswa. Berkomunikasi dengan berbagai pihak melatih kemampuan komunikasi dan memberikan kemudahan nantinya saat pengerjaan skripsi.

“Era sekarang bukan era kompetisi tapi era kolaborasi, jadi tidak perlu menunggu KKN / PPL untuk observasi di sekolah tapi melalui Sahabat MI mulai semester 2 sudah bisa langsung observasi secara langsung bagaimana kondisi di sekolah”. Tutur Ibu Dian Mustika Anggraini dalam penyampaian materi Achievement Motivation Training.

        Perempuan kelahiran Tulungagung itu, juga menjelaskan banyak sekali keuntungan-keuntungan ketika mahasiswa PGMI bergabung menjadi volunteer (tutor) Sahabat MI yang terjun ke sekolah secara langsung.

Keuntungan mengikuti sahabat MI selain kita bisa belajar kita bisa diskusi dan mendapat ilmu yang luar biasa dan  ketika kita mempunyai tanggung jawab dan bisa memanagement waktu dengan baik kedepannya di dunia kerja pasti bisa memanage waktu dengan baik, bagaimana berkolaborasi dengan teman, dan tidak perlu susah susah  karna kita sudah punya modal besar ketika mahasiswa untuk di sekolah/dunia pendidikan nantinya”.

      Selain pemaparan materi dari pemateri pertama, Muhammad Taufiqil Aniq sebagai pemateri kedua, menyampaikan bahwa adanya Sahabat MI dan Diskusi Ibtida ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa PGMI sebagai bekal ketika menjadi pendidik/guru yang baik dan selalu dirindukan peserta didik di masa depan.

Pendidikan tanpa guru tidak akan berjalan dengan baik, tetapi pendidikan dapat rusak dan hancur karna guru yang tidak baik, maka dengan adanya Sahabat MI ini sangat bagus sekali buat temen - temen semu.

Selasa, 1 Maret 2022

(Rusniasari)

Post a Comment

0 Comments