Header Ads

Header Ads

PGMI IPMAFA, KEMBANGKAN JIWA EDUPRENEURSHIP MULAI DARI BANGKU KULIAH

 



Persaingan era saat ini sangat ketat, khususnya bagi lulusan pendidikan seperti PGMI. Seperti yang diketahui bahwa lulusan pendidikan saat ini sangat banyak. Ibu Inayatul Ulya, M.S.I. menggagas adanya mata kuliah edupreneurship di PGMI IPMAFA. Hal tersebut diharapkan agar lulusan PGMI memiliki jiwa entrepreneur. Oleh karena itu, untuk memimalisir persaingan di dunia kerja pendidikan, prodi PGMI menggagas adanya mata kuliah edupreneurship. Dengan begitu, lulusan PGMI tidak serta merta menjadi pendidik tetapi juga memiliki jiwa wirausaha yang mampu menghadapi keterbatasan dan mampu menjadikan tantangan sebagai peluang. 

Sikap percaya diri, rajin, berjiwa kepemimpinan, mampu berinovasi dan jujur adalah sikap yang dikembangkan dalam mata kuliah edupreneurship. Karakter-karakter seperti itulah yang sangat diperlukan dari lulusan PGMI IPMAFA, yang juga nantinya digunakan dalam membangun Etos kerja yang baik dan diharapkan untuk bisa mencapai kesuksesan.

Edupreneurship merupakan gabungan dari education  dan  entrepreneurship yang diartikan sebagai kewirausahaan.  Edupreneurship bertujuan untuk mendidik seseorang supaya mampu mengerjakan dan menghasilkan produk atau sesuatu yang mempunyai nilai jual dan dapat dimanfaatkan semua orang. Edupreneurship menempatkan konsep-konsep sikap kewirausahaan di dalam dunia pendidikan dengan kemampuan yang kreatif, pencipta peluang yang inovatif, dan berani mengambil resiko. Edupreneurship bukan merupakan pendidikan yang mendidik seseorang untuk menjadi pedagang, akan tetapi cakupannya lebih luas daripada sekedar menjadi penjual, melainkan mampu merubah barang bekas menjadi sebuah emas yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman.

Edupreneurship merupakan sebuah mata kuliah unggulan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Mathali`ul Falah. Mata kuliah edupreneurship tentunya mata kuliah yang sangat banyak manfaatnya. PGMI IPMAFA Pati memilih edupreneurship sebagai distingsi yang membedakan prodi PGMI di tempat lain.  Dosen memberikan materi-materi serta segala sesuatunya sesuai  kebutuhan yang menyesuaikan generasi Z dan serta generasi yang akan datang.

Program Studi PGMI  menyelenggarakan kegiatan Kerja Kuliah Lapangan yang  merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi PGMI IPMAFA Pati setiap tahunnya. KKL PGMI terdiri dari berbagai acara seperti seminar tentang kewirausahaan, pameran media pembelajaran, stand kewirausahaan yang merupakan praktek dari mata kuliah edupreneurship. Dalam kegiatan KKL PGMI, mahasiswa semester 5 diberikan tugas dengan membuat produk baik berupa makanan, minuman, dan yang lainnya untuk bekal pengetahuan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Adapun jenis jenis makanan maupun berang  yang dipelajari oleh mahasiswa antara lain: Bistik Ayam, Kripik Tempe, Kopi, Jamu bubuk Kunir asem, pembuatan tas dari bahan rajut, dll.

Mahasiswa lulusan PGMI tidak hanya diharapkan menjadi seorang pendidik yang profesional melainkan memiliki nilai plus sebagai seorang edupreneur. Mata kuliah edupreneurship dapat dikatakan sebagai mata kuliah urgen yang diajarkan kepada mahasiswa Program Studi PGMI sejak semester awal sebagai bekal keilmuan dan pengalaman yang menghantarkan lulusannya untuk siap menghadapi dunia kerja, bahkan diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.. Edupreneurship juga merupakan salah satu tujuan dari Program Studi PGMI yang tentunya sarat akan nilai dan filosofi yang diharapkan terpatri pada setiap lulusannya, sehingga mewujudkan pendidik yang profesional pada bidangnya serta berjiwa edupreneur. (Faizatul Magfiroh)

Post a Comment

1 Comments

  1. Iron Helix Earrings - Titanium Sports
    Iron Helix Earrings · Gold Type · Color titanium dab tool · Fits and Benefits black titanium wedding bands · Features · Details · Price. Iron titanium ore terraria Helix Earrings. everquest: titanium edition $29.00. titanium pots and pans Iron Helix Earrings.$30.00 · ‎In stock

    ReplyDelete