Header Ads

Header Ads

Mahasiswa PGMI IPMAFA menangkan Learning Media Competition dalam International Competition 8th PGMI IAIN Kudus

 


 IPMAFA PATI – “Belum menguasai bukan berarti tidak bisa,” ungkap Amirotun Ni’mah, satu dari tiga Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Institut Pesantren Mathali’ul Falah (PGMI IPMAFA) yang berhasil meraih peringkat pertama cabang lomba Learning Media Competition dalam International Competition 8th PGMI IAIN Kudus yang diselengarakan 20 April-23 Mei 2021 dan diperpanjang hingga 30 Mei 2021 lalu.

Selain Amirotun, dua mahasiswa yang masuk dalam tim perlombaan bertemakan “Culture as The Harmonizer of Education to Form A Young Generation of Changer” tersebut adalah Hazib Maulana A.M., dan Khilda Alfiani A.

Amirotun mengatakan meski perlombaan ini merupakan ajang yang pertama diikuti, namun kemenangan tersebut dapat menjadi pendorong mahasiswa IPMAFA untuk terus berkarya.

“Kita dapat kepercayaan dari orang lain untuk mengikuti (kegiatan) seperti ini. Artinya mereka percaya kalau kita mampu. Kalau orang lain percaya, maka kita harus lebih percaya kepada diri kita sendiri”, tutur Amirotun.

Dalam perlombaan yang diadakan secara online ini, ketiga mahasiswa yang duduk di semester 2 dan 4 tersebut membuat media pembelajaran berbasis Audio Visual.

Pada kesempatan sharing bersama, ketiganya (9/6), Hazib memaparkan perlombaan diikuti dengan proses yang bertahap.

“Dimana proses dimulai dari pendaftaran, pembuatan abstrak yang berkaitan dengan materi dan tema yang dipilih sesuai ketentuan dan juknis yang di lampirkan,” tutur Hazib.

Proses produksi video bermula dari minat individual peserta, didukung masukan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi PGMI (HMPS PGMI) dan bimbingan dari salah satu dosen diprogram studi PGMI, Irma Nur Af’idah, M.Pd.

Produksi media pembelajaran ini tidak lepas juga dari proses pengeditan, dan koordinasi antara anggota tim dan pembimbing.

Kami terus melakukan koordinasi via online dan bertemu di kampus selama kurang lebih 3 minggu, kami gunakan untuk mencari bahan-bahan dan referensi media pembelajaran, sampai akhirnya kita sepakat untuk memilih media audio visual dan langsung eksekusi rekaman, editing dan finishing,” tutur Khilda.

Hasil karya Video Media Pembelajaran di atas dapat diakses di link: https://youtu.be/P1QT1pEM_1c(Umi Latifah/Redaksi)


Post a Comment

0 Comments