Header Ads

Header Ads

Tulisan Mahasiswa : Kuliah Daring Paling Mantap di PGMI IPMAFA

 


Pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan warga masyarakat di seluruh dunia. Munculnya kasus ini diawali dengan informasi dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) pada tanggal 31 Desember 2019 yang menyebutkan terdapat kasus kluster pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kasus ini tidak berhenti namun terus berkembang hingga adanya laporan kematian dan terjadi importasi di luar China. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak paparan Covid-19 dan mengakibatkan perubahan yang luar biasa, termasuk perubahan di bidang pendidikan. Seluruh jenjang pendidikan sekarang ini seolah-olah “dipaksa” untuk bertransformasi dan beradaptasi secara tiba-tiba dan drastis untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online). Bagi pemerintah, transformasi digital secara terpaksa ini merupakan salah satu cara yang paling aman untuk memutus penyebaran wabah virus corona. Sebab, hak para mahasiswa untuk terus mendapatkan layanan pendidikan tetap menjadi prioritas tanpa mengabaikan kesehatan dan keselamatan jiwa.

Pandemi covid-19 telah berpengaruh terhadap semua tingkatan dalam sistem pendidikan di Indonesia, dimulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. IPMAFA sebagai perguruan tinggi telah melakukan tindakan preventif untuk melindungi seluruh mahasiswa, dosen, dan staf dari penularan atau infeksi virus corona dengan cara melakukan proses perkuliahan melalui platform pembelajaran secara online.

Terkait dengan kondisi tersebut, kegiatan perkuliahan di PGMI IPMAFA dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan berbagai media interaktif secara online dengan variatif di mana para dosen dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya menggunakan satu saja media pembelajaran online saja, namun setiap dosen minimal menggunakan dua media sehingga lebih menarik bagi mahasiswa.

Tanggung jawab, kemandirian dan ketekunan pribadi, guru dan dosen dalam melaksanakan pembelajaran secara daring atau online  juga sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan kontrol atau pengawasan dari pelaksanaan sistem pembelajaran daring ini lebih banyak dari pribadi guru/dosen sendiri. Setiap materi mapun tugas yang diberikan harus mampu untuk di download oleh peserta didik. Peserta didik juga diharapkan mampu untuk membaca materi, menjawab kuis/soal serta mensubmit tugas secara mandiri yang diberikan oleh guru. Begitu juga dengan ketersediaan media sangat diperlukan dalam pembelajaran daring, seperti media video pembelajaran yang terhubung ke youtube, media video conference atau topik yang tersistem secara digital.  Jadi pembelajaran dengan sistem daring memanfaatkan ketersediaan layanan internet sehingga dibutuhkan adanya akses internet yang memadai.

Prodi PGMI IPMAFA ikut serta mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran kuliah secara daring. Beberapa media yang digunakan dalam kuliah daring ini adalah whatsapp group, google classroom, google form, google duo maupun zoom meeting.

Aplikasi google classroom dipilih untuk membantu mahasiswa dan dosen sebagai pengajar melakukan perkuliahan secara online. Google classroom merupakan aplikasi berupa learning system management yang disediakan google dan bisa dihubungkan dengan email, sehingga mudah untuk diakses. Google classroom juga merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas secara online. Google classroom bisa menjadi sarana pendistribusian tugas, pengumpulan tugas, bahkan melakukan penilaian terhadap tugas-tugas yang telah dikumpulkan. Selain itu, google classroom menyediakan fitur forum diskusi sehingga dosen bisa membuka sebuah diskusi kelas yang bisa ditanggapi dan dikomentari seperti aktivitas berkomentar di facebook.

Google classroom memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran antara lain halaman utama yang dapat menampilkan tugas mahasiswa, penyusunan kelas, penyimpanan data di google drive, dan dapat diakses melalui smartphone. Selain itu juga dapat menampung semua jenis file, serta dapat menambahkan gambar profil. Selain itu terdapat pula fitur lain yang dapat digunakan oleh dosen dalam mengembangkan materi pembelajaran yaitu reuse post, create question, create assignment, dan create topic. Google classroom bisa dikatakan salah satu media pembelajaran yang berbasis metode pembelajaran inkuiri karena google classroom dapat melibatkan kemampuan mahasiswa secara maksimal dalam mencari, memahami, menyelidiki, menganalisis dan merumuskan hasil belajar.

Kami selaku mahasiswa PGMI IPMAFA merasa lebih nyaman ketika dosen menyampaikan kuliah daring melalui google classroom. Kami lebih bernai untuk mengemukakan gagasan dan pertanyaan dalam pembelajaran daring. Mengikuti pembelajaran dari rumah membuat kami tidak merasakan tekanan psikologis dari teman sebaya yang biasa mereka alami ketika mengikuti pembelajaran tatap muka. Ketidakhadiran dosen secara langsung atau fisik juga menyebabkan mahasiswa merasa tidak canggung dalam mengutarakan gagasan. Ketiadaaan penghambat fisik serta batasan ruang dan waktu menyebabkan peserta didik lebih nyaman dalam berkomunikasi.

Dengan pembelajaran daring yang dilaksanakan di kampus kami PGMI IPMAFA, kami merasa tidak terkendala waktu dan tempat dimana mereka dapat mengikuti perkuliahan dari rumah masing-masing maupun dari tempat di mana saja. Dengan pembelajaran daring, dosen IPMAFA memberikan perkuliahan melalui kelas-kelas virtual yang dapat diakses dimana pun dan kapan pun tidak terikat ruang dan waktu. Kondisi ini membuat mahasiswa dapat secara bebas memilih mata kuliah yang dikuti dan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dahulu.

Menurut kami, ada beberapa kelebihan dari pelaksanaan kuliah daring di PGMI IPMAFA di antaranya: dosen dalam melaksanakan pembelajaran daring dikemas secara variatif dan menarik bagi mahasiswa, dapat menghemat waktu dan tenaga, mampu menumbuhkan kemandirian belajar bagi mahasiswa, dosen selalu membantu bagi mahasiwa yang kesulitan dalam memahami materi perkuliahan yang diberikan secara daring, serta mahasiswa mendapat dukungan fasilitas bantuan kuota dari pihak kampus sehingga merasa terbantu.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa platform pembelajaran secara online yang digunakan berupa google classroom maupun zoom yang didesain interaktif, menarik dan variatif sehingga mahasiswa merasa nyaman dan menyenangkan dalam mengikuti mata kuliah daring tersebut sehingga kuliah daring di PGMI IPMAFA paling mantap.

Penulis : Irma Fitria Nur Aini