Header Ads

Header Ads

Belajar Agama dan Ilmu Pesantren Cukup di PGMI IPMAFA


Kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati adalah salah satu perguruan    tinggi terbaik di Jawa Tengah. Kampus ini terkenal sangat baru tetapi sudah menarik mahasiswa dari berbagai daerah. IPMAFA Pati terkenal sangat mewah  karena terletak dipedalaman desa Margoyoso, kenapa dikatakan mewah? Karena letak kampusnya mepet dengan sawah makannya dikatakan mewah, kampus IPMAFA yang sekitarnya berupa ladang pesawahan menjadikan kampus ini asri dan jauh dari kebisingan kota, sehingga cukup kondusif sebagai tempat menuntut ilmu. Selain itu, IPMAFA terkenal dengan sistem pendidikan yang berbasis  nilai-nilai pesantren, karena di kampus ini juga memiliki asrama untuk putra dan putri yang dikenal dengan Ma'had Jamiah yang terletak di belakang kampus. Ma'had Jamiah ini diperuntukkan untuk mahasiswa atau mahasiswi yang jauh dari kampus dan ingin tinggal berdekatan dengan kampus atau tempat kuliah. Selama tinggal di Ma'had, mahasiswa dibekali dengan beragam penguatan pendidikan keagamaan dan ilmu-ilmu pesantren secara lebih intensif.

        


    Kampus berbasis pesantren sangat melekat dikampus  IPMAFA yang memang mengutamakan dan menekankan mahasiswa dan mahasiswinya tidak hanya pintar secara intelektual tetapi memiliki kepribadian secara agama sehingga nantinya mahasiswa ipmafa lulusan yang dapat berkiprah dan diterima di masyarakat secara luas. Hal seperti inilah yang menjadikan kampus Ipmafa memiliki nilai-nilai lebih karena mahasiswa dan mahasiswi  IPMAFAakan otomatis menjadi seorang santri yang dibekali dengan pendidikan agama dan ilmu-ilmu pesantren dengan paham ahlussunah wal jamaah.

Nilai-nilai pesantren khas kampus  IPMAFA ini dirangkum dengan Istilah NDSA (Nilai Dasar Shalih Akram), yang terdiri dari 9+1 (sembilan plus satu) nilai. 9+1 ini yaitu:

1.      Al-Khirs (cinta ilmu)

2.      Amanah (Kejujuran atau dapat dipercaya)

3.      Tawadldlu’ (Rendah Hati)

4.      Istiqamah (Disiplin)

5.      Uswah Hasanah (Keteladanan)

6.      Zuhud (Tidak Berorientasi Materi)

7.      Kifah Mudawamah (Kejuangan)

8.      I’timad ala al-Nafs (Kemandirian), dan

9.      Tawashshuth (Moderat).

Kemudian yang terakhir dilengkapi dengan sebuah niali yang melingkupi semuanya yaitu Al-Barakah yang berarti bertambahnya kebaikan.

Selain Ma'had Jamiah kampus IPMAFA juga memiliki Masjid yang bernama Masjid Saud Sultan, Masjid ini tidak jauh dari lokasi kampus dan Ma'had Jamiah. Masjid ini sering dipakai untuk berjamaah sehari-hari, mengaji kitab atau Al-Qur’an. Selain itu, masjid ini juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lain seperi Khataman Al-Qur’an binnadzar dan bilghaib, pengajian kitab kuning, dan halaqah keagamaan lain sehingga dapat melengkapi suasana spiritual kampus  IPMAFA yang selalu menanamkan nilai-nilai kepesantrenan, sehingga dikenal dengan Kampus yang berbasis pesantren. Untuk itu belajar agama dan ilmu pesantren cukup di kampus  IPMAFA, karena kampus  IPMAFA sangat berpengaruh penting dengan nilai-nilai keagamaan. 

 

Penulis: Laila Farihatin

 

Post a Comment

0 Comments