Header Ads

Header Ads

Tulisan Mahasiswa : PGMI IPMAFA SEBAGAI PUSAT PENGGODOKAN CALON GURU PROFESIONAL

Guru profesional adalah seorang guru yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan, bertanggung jawab, serta mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Dalam hal ini profesi seorang guru bukan sekedar profesi intelektual semata, melainkan lebih dari itu mampu membawa siswa pada suasana pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.

Di balik kesuksesan murid, selalu ada guru profesional yang memberikan inspirasi dan motivasi besar pada dirinya sebagai sumber stamina dan energi untuk selalu belajar dan bergerak mengejar ketertinggalan, menorehkan prestasi dalam mencapai kemajuan suatu bangsa. Menjadi guru professional harus memiliki kompetensi yang mempuni. Guru merupakan profesi atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus, mengingat tugas dan tanggung jawabnya yang begitu kompleks. Oleh karena itu, seorang guru perlu memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi agar mampu mengarahkan siswa pada tujuan akhir pendidikan yakni terbentuknya manusia yang utuh. Kompetensi guru merupakan tuntutan yang mutlak dan wajib dimiliki oleh setiap guru. Kompetensi yang harus dimiliki tersebut yang terkait dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathaliul Falah adalah salah satu jurusan yang mempunyai misi yakni melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang kependidikan Ibtidaiyah secara profesional, terpadu, dan efektif. Mahasiswa juga diajarkan dan dibekali beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru ketika sudah terjun langsung di lapangan. Ada empat kompetensi yang ditanamkan kepada mahasiswa sejak kuliah, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan  kepribadian. Dengan menguasai empat kompetensi tersebut, diharapkan lulusan dari prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah menjadi tepat.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathaliul Falah mengajarkan kita menjadi seorang guru yang profesional. Mahasiswa  dibekali ketrampilan konsep dan teori ilmu pengetahuan yang baik, keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan bidang keahliannya, pendidikan khusus bidang keguruan, serta tanggung jawab yang tinggi terhadap profesi yang dijalani. Dalam menjalankan proses pendidikan di sekolah, guru akan memainkan berbagai peranan penting. Namun demikian, keberhasilan melakoni peran tersebut tergantung pada profesionalitas masing-masing guru. Artinya, belum tentu semua guru berhasil memerankan tugasnya dengan baik di ruang kelas.

Sebagai pusat yang mendidik mahasiswanya untuk menjadi guru yang profesional, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah menjunjung tinggi profesionalitas sejak awal menjalani perkuliahan dengan memberikan peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi dan di jalankan oleh mahasiswa seutuhnya. Oleh karena itu, mahasiswa sudah terbiasa disiplin sejak awal dibangku perkuliahan.  

Berdasarkan bekal yang diberikan telah cukup selama perkuliahan, maka lulusan dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah diharapkan mampu mengemban amanah yang akan dijalankan di masyarakat nantinya yaitu, sebuah amanah menjadi guru professional yang harus dijalani dan dilaksanakan dengan baik.

Penulis : Moh Taufiqil Aniq, S.Pd.