Header Ads

Header Ads

Tulisan Mahasiswa : Ingin Jadi Guru MI yang Profesional? Kuliahlah di PGMI IPMAFA

 


       Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati merupakan kampus rintisan ulama kontemporer Indonesia, beliau adalah K.H Muhamammad Ahmad Sahal Mahfudz. Perguruan tinggi swasta ini telah berdiri sejak tahun 2008 dengan membuka tiga program studi, yakni Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Perbankan Syari’ah (PS) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Kini IPMAFA baru beranjak usia remaja berusia 12 tahun namun sudah membuka 7 program studi.

    Diantara sekian banyak program studi yang telah tersedia di IPMAFA, program studi PGMI merupakan jurusan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru. Setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan jumlah mahasiswa. Tahun keempat dibukanya PGMI sudah memiliki 233 mahasiswa, dengan tingkat peningkatan setiap tahunnya 5%.

    PGMI IPMAFA memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri karena menyelenggarakan PGMI yang profesional dan berorientasi pada kompetensi lulusan. Dalam kegiatan pembelajaran pun memiliki beberapa mata kuliah yang memfasilitasi dan menunjang mahasiswa menjadi guru profesional serta dibimbing oleh dosen yang mumpuni. Diantaranya Pembelajaran bidang umum tingkat dasar seperti matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Inggris. Sedangkan pembelajaran bidang agama Islam yakni Al-Qur’an Hadist, Fiqih, Bahasa Arab, dan Aqidah  Akhlak. Dengan adanya pembelajaran tingkat MI tersebut maka mahasiswa sudah dapat wawasan dan bekal untuk terjun di madrasah.  Selain dibekali dengan pembelajaran tingkat sekolah dasar, PGMI IPMAFA juga memberi mata kuliah yang dapat melatih keahlian dalam penelitian di bidang pendidikan pada para calon  guru profesional seperti Penelitian Tindakan Kelas, Karya Tulis Ilmiah, Metedeologi Penelitian I dan II. Tujuan tersebut selaras dengan visi PGMI IPMAFA yaitu sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Dasar Islam berbasis riset dan nilai-nilai pesantren 2025.

    Dalam PGMI IPMAFA tidak hanya mempelajari teorinya saja melainkan juga di praktiknya, seperti dalam mata kulaih kesenian mahasiswa mempraktikkan berbagai macam tarian, praktik olah suara serta membuat berbagai macam hasta karya baik dua maupun tiga dimensi, sedangkan dalam mata kuliah olahraga mahasiswa mempraktikkan berbagai macam olahraga yang menyehatkan jasmani maupun rohani. Dalam mata kuliah pembelajaran mahasiswa selayaknya menjadi guru kelas atau berperan sebagai siswa selayaknya siswa anak MI ketika di dalam kelas, sebelum mempraktikkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas mahasiswa terlebih dahulu mempelajari dan menyusun perangkat pembelajaran yang dibutuhkan. Mahasiswa juga mempelajari mengenai evaluasi pembelajaran.

    PGMI IPMAFA memiliki mata kuliah yang istimewa dan paling penting untuk dipelajari oleh seluruh mahasiswa, yakni mata kuliah Nilai Dasar Sholih Akrom (NDSA). Dalam mata kuliah tersebut mempelajari 9 nilai dimana mahasiswa mempelajari tentang bagaimana sikap khirsh, amanah, tawadhu’, istiqomah, uswatun hasanah, zuhud,al-kafah al-mudawamah, i’timad ‘ala al-nifs, tawasuth, dimana sikap tersebut penting dan harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh mahasiswa yang kelak menjadi seorang pendidik. Mata kuliah tersebut selaras dengan misi PGMI IPMAFA yakni mengembangkan PGMI yang berbasis nilai-nilai pesantren dan akhlakul karimah. Banyak sekali mata kuliah yang dipelajari dan semuanya menunjang keprofesionalan calon guru.

    Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati merupakan rancangan dalam menyiapkan para calon guru yang kelak menjadi guru kompeten dan profesional dengan menyeimbangkan antara keahlian mendidik, mengajar dengan akhlakul karimah yang berbasis pesantren.


Penulis : Nur Shofiya Hindun