Header Ads

Header Ads

Tulisan Mahasiswa : Belajar Sains Cukup di PGMI IPMAFA

 


Sains sering juga disebut Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), atau sering disebut dengan sains. IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah. Anggapan sebagian besar peserta didik yang menyatakan bahwa pelajaran IPA ini sulit adalah benar terbukti dari hasil perolehan Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan para guru di sekolah. Proses pembelajaran yang terjadi selama ini kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa hanya untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkannya dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar di PGMI IPMAFA dibekali beraneka ragam ilmu. Termasuk juga ilmu pengetahuan alam. Dengan bimbingan dosen yang profesional sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan alam sehingga mampu mengemas pembelajaran dengan mudah untuk mahasiswa PGMI. Untuk mempersiapkan nanti pada saat terjun di sekolah MI/SD, mahasiswa PGMI IPMAFA mampu menyajikan kepada anak-anak pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan mudah dipahami.

Pembelajaran IPA di PGMI IPMAFA dilakukan dengan cara langsung praktek. Dan dengan pembelajaran yang santai, efektif, diselingi dengan nada irama lagu. Pembelajaran berlangsung dengan riang, gembira, dan menarik antusias supaya ingin terus mempelajari pembelajaran IPA.

Penulis : A’yun Istiqomah