Header Ads

Header Ads

PPL Mandiri PGMI IPMAFA 2020. Seperti apa? Simak dalam pembekalannya

PPL merupakan praktik mengajar yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa kependidikan/tarbiyah. PPL PGMI IPMAFA kali ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kondisi yang dialami oleh hampir di seluruh negara termasuk di Indonesia, Kegiatan PPL yang biasanya dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan secara tatap muka, kali ini harus dilakukan secara mandiri di lingkungan sekitar mahasiswa praktikan. PPL dalam program studi PGMI  IPMAFA Pati pada tahun ini dilakukan dengan memberi pendampingan pembelajaran di area sekitar mahasiswa praktikan PPL. Dalam memberikan pendampingan belajar ini mahasiswa akan mampu mempraktikkan bagaimana melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik jenjang Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar seperti pada pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum yang berlaku.

Sebelum para mahasiswa praktikan diterjunkan, mereka telah mengikuti kegiatan pembelakan PPL yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 3 Agustus 2020 melalui aplikasi zoom dan disiarkan pula secara live di Facebook PGMI IPMAFA. Materi pembekalan PPL disampaikan oleh Ibu Fira Nadliratul Afrida M.Pd koordinator PPL Tahun 2020/2021. Beliau menyampaikan bahwa teknis PPL kali ini memang berbeda dari sebelumnya, namun pelaksanakan pembelajaran tetap dilaksanakan dengan melakukan penyusunan RPP secara lengkap sesuai dengan kurikulum Madrasah/Sekolah. Selain itu mahasiswa praktikan juga harus mampu mengintegrasikan dan memadukan keterampilan dasar yang relevan sehingga para peserta didik akan tetap mampu mendapatkan dan mengasah kemampuan mereka secara maksimal. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 17 agustus sampai 30 september sehingga total pelaksanakaan berlangsung selama 45 hari. Adapun pembelajaran dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu sehingga diharapkan para praktikan dapat mempersiapkan pembelajaran dengan lebih matang dan efektif.

 Mahasiswa paraktikan juga memiliki kewajiban menyusun laporan dengan batas akhir pengumpulan pada 14 Oktober 2020. Kemudian pada tanggal 15 Oktober dilaksanakan ujian PPL tersebut untuk mengetahui kompetensi mahasiswa praktikan setelah melaksanakan praktik dalam melaksanakan tugasnya sebagai calon guru Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar.

Kepada teman-teman mahasiswa praktikan, selamat datang PPL 2020/2021, semangat dan sukses menjalani kegiatan PPL ini dengan suka cita.