Header Ads

Header Ads

Penerjunan PPL Tahun 2020

 


Setelah dilakukan pembekalan pada 10 Agustus 2020 lalu, mahasiswa praktikan PPL PGMI IPMAFA semester 7 resmi diterjunkan ke lapangan pada 17 Agustus 2020, tepat pada hari kemerdekaan Indonesia. Tanggal bersejarah ini dipilih  oleh Prodi PGMI IPMAFA sebagai salah satu pengingat agar kita dapat selalu meneladani semangat juang  para pahlawan, sebab kitalah yang menjadi penerus bangsa ini, terutama dalam ranah pendidikan di Indonesia, karena sebagai calon pendidik di garda terdepan pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

Penerjunan PPL PGMI IPMAFA dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, yakni Bapak Agus Syakroni, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa PPL di tahun ini menjadi PPL yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat wabah di negeri ini masih belum mereda, sehingga diharapkan kepada para mahasiswa praktikan untuk lebih berinovasi dan mampu mengembangkan kemampuannya dalam melakukan pembelajaran dengan sekreatif mungkin.

Adapun pokok dalam PPL kali ini yakni mahasiswa praktikan harus mampu memberikan pembelajaran kepada peserta didik sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik walaupun dalam kondisi yang sedang terjadi saat ini. Selain itu, mahasiswa praktikan juga perlu memberikan motivasi  yang kuat agar peserta didik dapat menyukai pembelajaran yang dilakukan sehingga tidak terjadi kendala dan kebosanan dalam pembelajaran yang dilakukan, meskipun tidak dilakukan di sekolah. Dan aspek penting yang menjadi parameter pembelajaran ini adalah pembelajaran dengan sistem merdeka belajar. 

Dalam penerjunan PPL yang dilakukan secara daring ini dihadiri oleh seluruh peserta, sehingga terlihat sekali antusiasme mereka walaupun bukan dalam keadaan tatap muka. Oleh karena itu, sudah tidak menjadi kesulitan lagi bagi para mahasiswa PGMI, terutama mahasiswa praktikan PPL untuk dapat melakukan semua kegiatan baik dengan daring maupun luring.

Stay healthty and strong mahasiswa praktikan PPL tahun 2020, tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan tugas dengan semangat juang seperti para pahlawan.


Post a Comment

0 Comments