Header Ads

Header Ads

Diskusi Ibtida' : Mengemas Pembelajaran Daring yang Menarik dan Inovatif

 

PURWOREJO - Di era pandemi ini, pendidikan di Indonesia mengalami perubahan tatanan sistem dari yang awalnya konvensional menjadi virtual/daring. Pembelajaran melalui sistem daring dianggap menjadi solusi yang tepat untuk memastikan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap dapat dilakukan meskipun dari rumah. 

Menanggapi hal itu, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati (PRODI PGMI IPMAFA) mengadakan Diskusi Ibtida' dengan mengangkat tema "Mengemas Pembelajaran Daring yang Menarik dan Inovatif". Diskusi yang dilakukan Prodi PGMI ini, dibawakan oleh Sabila Ari Novita ini diselenggarakan secara daring pada Kamis, (13/8/20).

"Pandemi COVID-19 semakin meluas sehingga diperlukan pembatasan sosial. Siap tidak siap, pembelajaran daring menjadi keniscayaan yang harus dilaksanakan", ujar Ibu Inayatul Ulya selaku narasumber I Diskusi Ibtida'.

Guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan dan inovatif. Seorang guru harus kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Memilih platform media yang relevan dan sesuai dengan kompetensi dasar, indikator pencapaian, serta media pembelajaran yang digunakan. Selain itu, menyiapkan bahan ajar yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran juga penting dalam menciptakan pembelajaran daring yang menyenangkan dan inovatif.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan pembelajaran alternatif yang menggabungkan antara pembelajaran online dan offline. Pembelajaran dengan sistem ini dinilai lebih menyenangkan bagi anak. "Guru memantau dari jauh, sedangkan orang tua memantau dari dekat", imbuh Bapak Sofyan Alnashr selaku narasumber II Diskusi Ibtida'.

Pembelajaran secara daring tentunya memiliki banyak kendala. Pasalnya, pembelajaran dengan sistem ini melibatkan peran orang tua sebagai mitra dan pendamping siswa belajar di rumah. Gawai, kuota internet, sinyal, dan kemampuan orang tua turut menjadi hambatan dalam PJJ berbasis daring.

Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menerapkan pembelajaran daring. Sehingga diperlukan kerja sama secara menyeluruh dari semua pihak untuk meraih kesuksesan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

Post a Comment

0 Comments