Pati (11/11/2018) setelah empat tahun berdirinya jurusan PGMI di IPMAFA, Himpunan Mahasiswa Program Studi PGMI sukses mengadakan acara sarasehan dan ngolah pikir (NGOPI) bareng bolo PGMI untuk pertama kalinya. Kegiatan sarasehan bertemakan “Kenali, Fahami, dan Cintai PGMI” ini bertempat di Auditorium II lantai 2 dan Hutan sengon Kampus Institut Pesantren Mathaliul Falah. Kegiatan ini bertujuan membangun keakraban antar mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) lintas semester.

Sarasehan diadakan dari pukul 08.00 hingga 16.45 WIB dengan dihadiri mahasiswa program studi PGMI dari semester 1 hingga semester 7. Acara dibuka dengan sambutan dari ketua panitia juga sambutan dari sekretaris Prodi Bapak Agus Jauhari Lc MPd dilanjutkan workshop bertema “Melahirkan Pendidikan Madrasah Yang Manusiawi dan Bahagia” yang diisi oleh Drs Abu Choir MA selaku Direktur MI Alam Alfa Kids Pati juga selaku Sekretaris RMI NU Jawa Tengah.

Abu Choir memaparkan terkait pendidikan di dunia ini dianggap tidak berhasil dan perlu rekonstruksi ulang. Hal ini terjadi karena adanya kesenjangan antara belahan bumi utara dan selatan. Di Utara dapat menikmati berbagai kemewahan material, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Namun berbalik di bumi sebelah selatan yang mengalami kemiskinan dan ketertinggalan. Hal ini telah menimbulkan ketidakadilan karena pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Namun dari kondisi pendidikan sekarang ini tampak hanya sebagai proses meraih prestasi akademik dan mengesampingkan perkembangan manusia.

Padahal ketidakadilan adalah salah satu persoalan yang harus diselesaikan manusia yang dapat berpartisipasi penuh dalam dunia sosial. Di sinilah pendidikan humanism yang dapat menyiapkan generasi yang siap menghadapi kesenjangan sosial di masyarakatnya nanti.

Beliau berpesan agar kita sebagai calon pendidik harus belajar menjadi pendidik yang tidak hanya mengutamakan potensi akademik siswa saja, namun juga harus meningkatkan sisi kemanusiaan.

Seusai istirahat, sholat dhuhur dan makan siang dilanjutkan dengan kegiatan  outbond yang bertempat di Kebun Sengon Kampus IPMAFA. Panitia menyediakan banyak sekali permainan seru hingga para mahasiswa larut dalam keseruan permainan tersebut. Acara terakhir ditutup dengan penyerahan hadiah dan nonton video bareng yang sebelumnya antar kelas membuat video kebersamaan di kelas masing-masing.









Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Ipmafa News

Post A Comment:

0 comments so far,add yours