Prodi PGMI Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) baru-baru ini menerjunkan mahasiswanya untuk magang di dunia industri (23/4/18). Tujuannya untuk melatih mahasiswa terjun dan merasakan langsung pengalaman berwirausaha.

Magang pada dunia industri ini adalah salah satu tugas lapangan yang terintegrasi dengan mata kuliah Edupreneurship I yang ada di Prodi PGMI IPMAFA. Setelah mahasiswa belajar tentang teori-teori kewirausahaan di kelas, mereka ditugaskan turun ke lapangan seperti magang pada beberapa home industry sekitar Pati.

Pemilihan lokasi industri diberikan pada mahasiswa berdasarkan minat dan kecenderungan mereka dengan melalui verifikasi kelayakannya. Beberapa usaha yang menjadi sasaran mahasiswa adalah usaha bandeng presto, batik, produk kerajinan tangan bross dan gantungan kunci, produk makanan ringan, dan usaha peternakan sapi. Dalam pelaksanaannya, Prodi memberi waktu 2 minggu kepada mereka dalam menjalankan tugas beserta proses penyusunan laporan.

Selama magang di dunia industri ini mahasiswa belajar dari awal bagaimana usaha tersebut didirikan, mengalami jatuh bangun dan bagaimana mempertahankan usaha agar tetap survive di tengah pasar yang semakin kompetitif.

Selain itu, dengan berbagai metode baik observasi maupun wawancara, mahasiswa mempelajari bagaimana usaha dijalankan meliputi proses perencanaan, produksi, maupun pemasarannya. Mahasiswa juga ikut terlibat langsung di lokasi usaha. Setelah itu mahasiswa harus memberikan kritik dan saran berdasarkan teori-teori kewirausahaan yang telah mereka pelajari.

Disampaikan oleh Kaprodi PGMI Inayatul Ulya MSI bahwa kegiatan magang pada dunia industri ini adalah salah satu ikhtiar Prodi PGMI IPMAFA untuk mengintegrasikan kewirausahaan dalam kurikulum pendidikan.

Kami berharap, skill berwirausaha ini menjadi nilai plus lulusan Prodi PGMI. Selain dipersiapkan untuk menjadi guru MI yang profesional juga memiliki keterampilan lain sebagai entrepreneur. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berharga, tidak sekedar pemenuhan tugas kuliah, tapi menjadi pengalaman yang bermanfaat untuk kehidupan mahasiswa kedepan sehingga tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, tahan banting, siap berkompetisi dalam kehidupan dan menjadi pribadi yg sukses dan sejahtera.” , tegasnya.






Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours