Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) bekerjasama dengan Racana Syekh Ahmad Mutamakin & Nyi Ageng Serang dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pati untuk mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa PGMI angkatan 2015, mahasiswa angkatan 2016, dan peserta umum. KMD dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 11 sampai dengan 16 Desember 2017.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Kwarda Jawa Tengah Prof Dr Ir S Budi Prayitno MSc serta dihadiri oleh para pimpinan IPMAFA, diantaranya Dr Dimyati Wakil Rektor I sekaligus Kamabigus Racana IPMAFA, Ali Subhan selaku Warek II, Agus Syakroni selaku Dekan Fakultas Tarbiyah, dan Moh. Sofyan Al-nashr selaku pembina Racana IPMAFA.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sebagaimana amanat Perpres No. 08 Tahun 2012 tentang upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi. KMD ini sekaligus menjadi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) di Prodi PGMI IPMAFA. Harapannya, lulusan dapat memiliki kompetensi pendukung sebagai calon pembina Pramuka, selain kompetensi utamanya sebagai guru kelas MI yg profesional.

Kegiatan ini  juga bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka meliputi Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.


Secara umum, sasaran kegiatan ini adalah agar mahasiswa mampu (1)  memahami mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya. (2) Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka. (3) Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.








Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours