Kerja sama program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Pesantren Mathaliul Falah (PGMI IPMAFA) dengan Djarum Foundation dilaksanakan dalam Pelatihan Public Sepeaking dan Master of Ceremony (MC) di IPMAFA, Kamis (18/5/2017). Acara tersebut bertujuan memberikan keterampilan komunikasi lisan yang sangat dibutuhkan mahasiswa baik sebagai bekal menjadi seorang pendidik maupun untuk kebutuhan komunikasi di lingkungan sosial masyarakat.
Acara pelatihan ini diawali oleh sambutan Kaprodi PGMI Inayatul Ulya yang menyampaikan bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki sebagai seorang calon guru yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. 
Pelatihan Public Speaking dan MC ini berupaya mengembangkan kemampuan soft skill dan meng-up grade kompetensi sosial mahasiswa PGMI untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa menjadi calon guru yang profesional. Selain itu pelatihan ini juga berupaya untuk mengembangkan EQ mahasiswa, yang mana kecakapan ini termasuk di antaranya adalah kemampuan komunikasi yang baik, meyakinkan, membangun networking dan terbiasa bekerja sama dengan pihak lain.
Menguatkan apa yang disampaikan Inayatul Ulya, Dekan Fakultas Tarbiyah Agus Sya’roni menjelaskan bahwa selain empat kompetensi guru yang diterima di bangku kuliah, diperlukan penguatan keterampilan soft skill salah satunya public speaking. Nantinya dengan bekal kemampuan ini mahasiswa mampu berkomunikasi baik dengan siswa, rekan kerja, bahkan jika diminta menjadi pemandu acara di masyarakat.

Kemudian acara inti dimulai dengan ice breaking yang dipandu oleh Aldi dari Djarum Foundation. Mahasiswa diajak uji konsentrasi dengan game tepuk satu-tepuk sapu, yang dilanjutkan dengan bernyanyi dan gerak "goyang pisang" yang dipimpin mahasiswa yang kalah dalam game tepuk satu-tepuk sapu. Kegiatan ini berhasil memacu semangat mahasiswa untuk mengikuti materi pelatihan.
Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan baik dari PGMI IPMAFA maupun dari Djarum Foundation. Kemudian sesi foto bersama oleh semua peserta, panitia, dosen dan pemandu mengakhiri Pelatihan Public Speaking dan Master of Ceremony (MC) hari ini. Diharapkan kerja sama yang telah terjalin antara IPMAFA dan Djarum Foundation dapat terus berlangsung pada kesempatan-kesempatan yang lain. 
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours