Sebagai bagian dari upaya mengajari anak-anak MI mencintai dan peduli lingkungan, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati mengadakan acara “Bakti Lingkungan”. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 10/3 2016 tersebut bertempat di MI Minsya’ul Huda Tegalombo Dukuhseti yang diisi dengan penanaman 1.000 pohon dengan tujuan menjaga alam tetap asri dan lestari.

Kegiatan penanaman 1.000 pohon ini merupakan program kerja prodi PGMI bekerjasama dengan CSR Garuda Food dengan tujuan yang sama, yakni peduli lingkungan. Ketua prodi PGMI, Inayatul Ulya menjelaskan, “Bakti lingkungan menjadi salah satu bentuk kerjasama PGMI dengan instansi lain dan stakeholder sekaligus pengabdian masyarakat yang nyata”. Ia berharap kerjasama awal ini akan terus berlanjut dan berkembang semakin baik.

Pihak CSR Garuda Food yang diwakili oleh Sudarto, Section Head HR, menyambut baik kerjasama perusahaan dengan kampus di bidang lingkungan hidup. “Salah satu program CSR Garuda Food yang dijalankan yaitu CSR berbasis lingkungan. Beberapa kegiatan berbasis lingkungan yang terus dikembangkan yaitu penghijauan” ungkapnya. Pihaknya juga tebuka untuk kerjasama dalam bentuk lainnya pada kesempatan di masa mendatang.

Yayasan Minsyaul Huda sangat mengapresiasi kegiatan Bakti Lingkungan yang diadakan di wilayahnya. Misni selaku ketua yayasan berterima kasih karena telah mempercayai penanaman pohon kepada MI Minsyaul Huda. “semoga kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi dapat terus berlanjut untuk seterusnya”, ucap lelaki yang sudah puluhan tahun mengajar MI. Acara yang melibatkan seluruh mahasiswa dan dosen PGMI berlangsung meriah karena sebelum acara penanaman pohon mahasiswa masuk kelas dan bercengkerama dengan peserta didik. Hal ini menjadi pengalaman berharga sebagai bekal menjadi pendidik MI yang kompeten  dan profesional sesuai tujuan prodi PGMI. Setelah bermain sambil belajar dengan peserta didik, mereka melanjutkan acara penanaman 1.000 pohon di lingkungan sekitar madrasah.


PGMI Bakti Lingkungan menjadi kegiatan perdana prodi PGMI yang melibatkan masyarakat dan instansi lain. Sebagai prodi yang baru berdiri 6 bulan ini, kegiatan ini menjadi pembelajaran dan pengalaman penting untuk bekembang di masa depan. (Sofyan)
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours