Rumusan kompetensi dan mata kuliah
No
Rumusan Kompetensi
Mata Kuliah
SKS
Mata kuliah inti umum nasional
1
Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia
2
2
Mampu menjadi contoh warga negara yang baik
Civic Education
2
3
Mampu mengkaji falsafah pancasila
4
Memahami struktur bahasa Inggris
Bahasa Inggris I
Bahasa Inggris II
2
2
5
Mampu menggunakan logika dalam berkomunikasi
Statistika
2
Mata Kuliah Institusional Umum
6
Memahami sumber-sumber dasar keislaman
Ulumul Qur’an
Ulumul Hadits
Fiqh
Aswaja
2
2
2
2
7
Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing (Arab)
Bahasa Arab I
Bahasa Arab II
2
2
8
Memiliki kemampuan menganalisis persoalan-persoalan keilmuan dan kemasyarakatan
Filsafat Ilmu
Filsafat Pendidikan
Studi Tokoh Pendidikan
2
2
2
9
Menginterpretasikan Islam dalam konteks budaya lokal
Sejarah Peradaban Islam
Pengantar Studi Islam
2
2
10
Membina perilaku shaleh akram bagi peserta didik
NDSA

2
11
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dasar shalih akram
12
Menampilkan perilaku Islami berbasis nilai-nilai pesantren
13
Menginternalisasi NDSA dalam perilaku sehari-hari
14
Menjadi uswatun hasanah bagi peserta didik
Mata kuliah inti khusus utama
15
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
Ilmu Pendidikan
Teori belajar dan pembelajaran
2
2
16
Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan.
Strategi Pembelajaran
Pembelajaran Tematik
2
2
17
Mampu mendesain rencana pembelajaran
Perencanaan pembelajaran
2
18
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal.
Telaah Kurikulum MI
Pengembangan Kurikulum MI
2
2
19
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
Pengembangan bahan ajar MI
2
20
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang pembelajaran.
Media Pembelajaran
2
21
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
Ilmu Manthiq

2
22
Menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar.
Evaluasi Pendidikan MI
2
23
Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan mutu pembelajaran.
24
Melakukan berbagai upaya untuk peningkatan mutu pembelajaran.
25
Menguasai materi,struktur, konsep,dan pola pikir keilmuan sesuai bidangnya
Pembelajaran Matematika MI 1 
Pembelajaran Matematika MI 2
Pembelajaran IPA MI 1
Pembelajaran IPA MI 2
Pembelajaran IPS MI 1
Pembelajaran IPS MI 2
Pembelajaran Bhs. Indonesia MI 1
Pembelajaran Bahasa Indonesia MI 2
Pembelajaran PKn MI
Pembelajaran Penjaskes MI
Pembelajaran Bahasa Jawa MI
Pembelajaran Seni budaya keterampilan MI
Pembelajaran Baca Tulis Alquran
Pembelajaran  Aqidah Akhlak MI
Pembelajaran Al-Qur’an Hadis MI
Pembelajaran Bahasa Arab MI
Pembelajaran Bahasa Inggris MI
Pembelajaran SKI MI
Pembelajaran Fiqh MI
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2

2
2
2
2
2
2
2
26
Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
27
Menguasai manajemen pendidikan dasar
Manajemen pendidikan MI
2
28
Menguasai supervisi dan administrasi pendidikan dasar
Supervisi pendidikan
2
29
Mampu mengevalusi kinerja lembaga pendidikan dasar
30
Mengusai metode penelitian pendidikan dengan baik
Metodologi penelitian pendidikan I
Metodologi penelitian pendidikan II
Penelitian Tindakan Kelas
2

2

2
31
Memiliki kompetensi penelitian bidang pendidikan
32
Melakukan penelitian bidang pendidikan dasar Islam
33
Menguasai filosofi dan sosiologi pendidikan dasar Islam
34
Melakukan tindakan reflektif untuk mengembangkan profesionalisme
Pengembangan Profesionalisme Guru
2
35
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI
2
36
Mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
37
Mampu mengenal budaya akademik madrasah
PPL I
2
38
Mampu melakukan praktik pembelajaran dengan teman (Micro/peer teaching)
PPL II
4
39
Mampu hidup bermasyarakat dan mampu melakukan pelayanan terhadap masyarakat
KKN
4
40
Mampu menyusun karya ilmiah berdasarkan kajian dan hasil penelitian
Karya tulis ilmiah
Skripsi
2
6
Mata kuliah inti khusus pendukung
41
Menguasai karakteristik  dan keberagaman peserta didik dari berbagai aspek, baik fisik, sosial, emosional ,intelektual, moral dan kultural.
Psikologi umum
Psikologi Perkembangan
Psikologi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling
Manajemen Konseling
2
2
2
2
2
42
Membantu pengembangan potensi peserta didik serta mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
43
Mampu menggunakan bimbingan dan konseling sebagai pendekatan pembelajaran anak MI/SD
44
Menguasai psikologi perkembangan anak
45
Mampu identifikasi potensi anak
46
Menguasai teori entrepreneur terutama bidang pendidikan
Edupreneurship I
Edupreneurship II
2
2

47
Memiliki mental intrepreunership/wirausaha
48
Visioner dan memiliki prospek usaha di bidang pendidikan
49
Bersikap inklusif,bertindak objektif,serta tidak diskriminatif
Sosiologi Pendidikan
2
50
Menjalin kerjasama dengan baik secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
51
Beradaptasi dengan baik di tempat tugas

Memperluas networking baik kepada komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisandan tulisan atau bentuk lain.
Mata kuliah inti khusus lainnya
52
Mampu membuat keterampilan dan kerajinan tangan
Praktik keterampilan dan kerajinan*
2
53
Mampu mendampingi peserta didik yang membutuhkan pendampingan khusus (inklusi)
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
2
Mata kuliah institusional khusus
54
Pendalaman keilmuan shalih akram
Pendalaman NDSA *
2
55
Mampu membuat materi ataupun media pembelajaran menggunakan animasi
Multimedia Animasi Pembelajaran *
2


Struktur Mata kuliah tiap semester
Semester 1



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
Sks

1

Bahasa Arab I
2

2

Bahasa Indonesia
2

3

Bahasa Inggris I
2

4

Fiqh
2

5

Filsafat Ilmu
2

6

Ulumul Qur’an
2

7

NDSA
2

8

Civic Education
2

9

Ulumul Hadits
2

10
Psikologi Umum
2

11
Aswaja
2




22

Semester 2



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
Sks

1

Pembelajaran Matematika MI 1
2

2
Bahasa Arab II
2

3
Bahasa Inggris II
2

4
Pengantar Studi Islam
2

5

Sejarah Peradaban Islam
2

6

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI I
2

7

Pembelajaran Bahasa Indonesia MI I
2

8
Psikologi Perkembangan
2

9

Ilmu Pendidikan Islam
2

10

Pembelajaran PKn MI
2

11

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI 1
2

12
Ilmu Mantiq
2




24

Semester 3



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
Sks

1

Pembelajaran Matematika MI II
2

2
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI II
2

3
Pembelajaran Bahasa Indonesia MI II
2

4

Teori Belajar dan Pembelajaran
2

5

Telaah Kurikulum MI
2

6

Filsafat Pendidikan
2

7

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI
2

8
Pembelajaran Aqidah Akhlaq MI
2

9
Pembelajaran Fiqih MI
2

10

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI II
2

11
Psikologi Pendidikan
2


22

Semester 4



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
Sks

1

Pengembangan Kurikulum MI
2

2
Pembelajaran Bahasa Jawa MI
2

3

Pembelajaran Penjaskes MI
2

4

Media Pembelajaran
2

5

Pembelajaran Tematik
2

6

Metodologi penelitian Pendidikan I
2

7

Pembelajaran Bahasa Arab MI
2

8
Pembelajaran Bahasa Inggris MI
2

9
Pembelajaran SKI MI
2

10
Perencanaan Pembelajaran
2

11
Bimbingan dan Konseling
2




22

Semester 5



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
Sks

1

Evaluasi Pendidikan MI
2

2
Metodologi Penelitian Pendidikan II
2

3

Manajemen Pendidikan MI
2

4

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI
2

5

Statistik Pendidikan
2

6

Penelitian Tindakan Kelas
2

7

Manajemen Konseling
2

8

Pembelajaran Seni Budaya Keterampilan  MI
2

9
Pengembangan Profesionalisme Guru
2

10
Edupreneurship I
2

11
Karya Tulis Ilmiah
2



22

Semester 6



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
sks

1

PPL I (Microteaching)
2

2

Seminar Proposal Skripsi
0

3

Edupreneurship II
2

4

Pengembangan Bahan Ajar
2

5

Sosiologi Pendidikan
2

6
Studi Tokoh Pendidikan
2

7
Supervisi Pendidikan
2

8
Strategi Pembelajaran
2

9
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
2

10
Pendalaman NDSA*
2

11
Praktik Keterampilan dan Kerajinan*
2

12
Multimedia Animasi Pembelajaran *
2


         22



Semester 7


No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
sks

1

PPL  II
4

2

KKN
4



8

Semester 8



No.
Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah
sks

1

Skripsi
6


Keterangan:
  • Program studi PGMI menawarkan  mata kuliah, yang terdiri atas:  68 mata kuliah wajib, dan 4 mata kuliah pilihan yang bertanda bintang (*).
  • 2.      Mahasiswa program studi PGMI wajib menyelesaikan minimum 150 sks yang terdiri dari 144 sks untuk mata kuliah wajib dan 6 sks untuk mata kuliah pilihan.

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours