Berikut ini deskripsi mata kuliah yang akan dipelajari setiap mahasiswa Prodi PGMI Ipmafa:

DESKRIPSI MATA KULIAH JURUSAN PGMI STAIMAFA PATI
No
Mata Kuliah
Deskripsi Mata Kuliah
      1.             
Bahasa Arab I
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS wajib diambil oleh mahasiswa sebagai dasar pengembangan berbahasa. Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar bahasa Arab dan menekankan pada kompetensi berbahasa Arab yakni menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Selain itu juga membekali mahasiswa nahwu, shorof, kalam dan dasar ilmu bahasa Arab lainnya.
      2.             
Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep, dasar-dasar keterampilan menulis, karangan ilmiah dan menerapkannya dalam penulisan. Oleh karena itu mahasiswa perlu mengetahui dan memiliki keterampilan dalam penerapan ejaan, kalimat efektif, pilih kata, pengembangan paragraf, kerangka karangan, topik, tema, dan judul, pengumpulan data dan kutipan, catatan kaki dan daftar pustaka, resensi atau laporan buku, dan penulisan karya ilmiah. Mata kuliah ini menekankan pada peningkatan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia. Kompetensi tersebut meliputi (1) kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis, (2) Penulisan karya ilmiah dan karya sastra (3) penguasaan aspek keterampilan berbahasa.
      3.             
Bahasa Inggris I
Bahasa Inggris I merupakan mata kuliah MPK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini membekali mahasiswa tentang struktur bahasa Inggris yang khusus digunakan dalam tindak komunikasi nyata, terutama yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan umum. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu  struktur reseptif, struktur produktif, struktur reseptif-produktif  dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah
      4.             
Fiqh
Fiqh merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang hukum-hukum syara’ yang bersifat amaliyah yang dihasilkan para ilmuwan fikih melalui dalil yang terperinci.
Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu kategoriasi hukum, fikih ubudiyah, fikih muamalah dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
      5.             
Filsafat Ilmu
Filsafat Ilmu merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasahibtidaiyah. Matakuliha ini akan membekali mahasiswa tentang hakikat ilmu, cara memperoleh pengetahuan dan manfaat/tujuan pengetahuan. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi lima, yaitu konsep filsafat ilmu; landasan perkembangan ilmu; metode ilmiah; genealogi, dimensi, struktur dan penggolongan ilmu, dan implikasi filsafat ilmu dalam pendidikan di madrasah ibtidaiyah.
      6.             
Ulumul Qur’an
Ulumul Qur’an merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan madrasah ibtidaiyah. Matakuliha ini akan membekali mahasiswa tentang al-Qur’an ditinjau dari aspek ilmu yang terkait ma fi al-qur’an dan ma haul al-qur’an. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu sejarah al-Qur’an, cabang-cabang ilmu al-Qur’an, pendekatan dan metode penafsiran al-Qur’an, terutama linguistik, dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
      7.             
NDSA
Nilai Dasar Salih Akram (NDSA) merupakan mata kuliah MPK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang nilai-nilai yang disarikan dari al-Qur’an dan hadis yang dianut oleh Matahliul Falah yang diejawantahkan dalam semua aspek kehidupan. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi tiga, yaitu Shaleh-Akram dan relevansinya dengan (Perguruan Islam dan Sekolah Tinggi) Mathaliul Falah, konsep dan praktik nilai 9 + 1 dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
      8.             
Civic Education
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah komponen dasar yang harus diambil oleh mahasiswa guna memberikan landasan pengembangan kepribadian mereka sebagai warga bangsa dan warga dunia yang baik, cerdas, dan berkeadaban (good, smart, and civilized). Dalam mata kuliah ini dibahas materi-materi inti, yaitu demokrasi,hak asasi manusia (HAM), dan masyarakat madani.dalam kerangka ini dibahas pula turunan materi inti yang berkaitan dengan identitas nasional, negara, warga negara, konstitusi, otonomi daerah, dan good governance.
      9.             
Ulumul Hadits
Ulumul hadis merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang ilmu yang digunakan untuk menetapkan benar atau tidaknya perkataan, perbuatan dan tikrar Nabi Muhammad SAW. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi tiga, yaitu konsep dirayah; konsep riwayah dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran bahasa Arab
  10.             
Psikologi Umum
Mata kuliah Psikologi Umum menyajikan hakekat keberadaan manusia atas fisik dan non fisiknya/psikologis dimana kedua unsur tersebut saling mempengaruhi, keadaan psikologis meliputi gejala pengenalan/kognisi, perasaan/emosi, kemauan/konasi, campuran dan proses berfikir da intelegensi serta kebearaan manusia sebagai hasil pembawaan dan lingkungan.
  11.             
Aswaja
Aswaja merupakan mata kuliah MPK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa tentang bahasan, pemahaman, dan perkembangan pemikiran akidah Islam yang bersumber dari Al Quran dan Al Hadits. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu perkembangan dan pemetaan aliran-aliran kalam sebagai pengatar; pengaruh aliran kalam terhadap teori-teori linguistik Arab, ajaran aliran ahlussunnah waljamaah dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
  12.             
Pembelajaran Matematika MI 1
Mata kuliah ini memberi bekal mahasiswa untuk mengkaji konsep bilangandi SD yang meliputi operasi bilangan, nilai tempat, FPB, KPK dan
pecahan serta pembelajarannya di SD melalui kegiatan pengkajian,pelatihan,eksplorasi baik secara individu maupun kelompok serta mensimulasikannya.
  13.             
Bahasa Arab II
Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan merupakan kelanjutan dari bahasa Arab I sebagai dasar pengembangan berbahasa. Mata kuliah ini memperdalam pembahasan tentang dasar-dasar bahasa Arab dan menekankan pada kompetensi berbahasa Arab yakni menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa arab, baik lisan maupun tulisan.
  14.             
Bahasa Inggris II
Bahasa Inggris II merupakan mata kuliah MPK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.  Mata kuliah ini membekalai mahasiswa tentang praktik berbahasa  Inggris berdasarkan pendekatan komunikatif baik formal, informal maupun non-formal yang berkaitan dengan pembelajaran di madrasah ibtidaiyah. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu ragam beku/formal, ragam santai, variasi bahasa Inggris dari berbagai negara yang menggunakan bahasa resmi Inggris dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
  15.             
Pengantar Studi Islam
Sasaran utama pekuliahan ini ialah pembentukan sikap dan kepribadian muslim yang baik, yang memiliki akidah yang benar dan kokoh berdasarkan pengetahuan yang memadai, serta melahirkan prilaku yang positif dalam kehidupan pribadi dan sosial. Dalam perkuliahan ini dibahas hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan agama, perkembangan studi agama, dasar-dasar serta ajaran-ajaran pokok Islam, perkembangan kebudayaan Islam dalam berbagai aspeknya, gerakan pembaharuan di dunia Islam, sampai perkembangan Islam di Kepulauan Nusantara/Indonesia..
  16.             
Sejarah Peradaban Islam
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang: sejarah peradaban Islam sebagai ilmu pengetahuan, dasar-dasar peradaban Islam, periodisasi perkembangan peradaban Islam, arab pra Islam, masa nabi, Masa Khulafaurasyidin, Masa Umayah timur, Islam di Andalusia, Masa Abbasiyah, dinasti-dinasti, perang salib dan invasi Mongol, dan Islam di Asia Tenggara.
  17.             
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI I
Pengintegrasian penguasaan substansi dan materi pembelajaran bidangstudi IPS untuk kelas awal dengan berbagai prinsip pengelolaan pembelajaran yang mendidik.
  18.             
Pembelajaran Bahasa Indonesia MI I
Matakuliah ini merupakan pendahuluan metode pengajaran bahasa Indonesiadi SD. Fokus perkuliahan ini adalah strategi pengajaran membaca, menulispermulaan, menyimak, dan berbicara bahasa Indonesia di kelas-kelasrendah SD (kelas 1 dan 2).
  19.             
Psikologi Perkembangan
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan akan karakteristik perkembangan psikologi anak-anak mulai dalam rahim hingga menginjak dewasaa. Mahasiswa diharapkan mengetahui masa keemasan perkembangan otak anak sehingga mampu memberikan pembelajaran yang sesuai perkembangan anak.
  20.             
Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu Pendidikan Islam termasuk salah satu Mata Kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Tarbiyah). Dengan Mata Kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk menggali nilai-nilai Islam mengenai ilmu pendidikan, baik secara teoritik maupun praktik  sebagai bekal untuk menjadi seorang guru yang berlatar belakang dari Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Tarbiyah).
SK mata kuliah ini adalah: memahami teori-teori pendidikan Islam, implikasi Al-Qur’an dan Hadits terhadap pendidikan, teori tentang fithrah, dan komponen pendidikan dalam Islam.
  21.             
Pembelajaran PKn MI
Pemahaman dan penguasaan substansi bidang studi dan materi kurikulum PPKn untuk MI serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik. Cakupan materi meliputi nilai-nilai Pancasila,hak dan kewajiban WN, makna hak dankewajiban WN serta perwujudannya dalam kehidupan sosial, materi ajar PKn MI, berbagai substansi yang berkaitan dengan kemampuan mengelola pembelajaran seperti pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran, pengembangan dan penyajian RP, penilaian proses dan hasil belajar PKn.
  22.             
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI 1
Mata kuliah ini mempelajari tentang pembelajaran IPA di kelas awal MI, yakni kelas 1, 2, dan 3 baik dari segi konten (isi) materi, maupun strategi pembelajaran IPA dan pengembangannya. Mata kuliah ini memadukan karakteristik anak MI kelas awal dengan karakteristik materi IPA sehingga diperoleh kegiatan belajar mengajar IPA di kelas awal yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik.
  23.             
Ilmu Manthiq
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian program studi. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan  ilmu mantiq dan kegunaannya, serta berpikir logis sehingga dapat mengaplikasikannya dalam merumuskan buah pikir yang menunjang terhadap penyusunan konsep-konsep dalam rangka pengembangan profesionalitas mahasiswa.   Dalam perkuliahan ini dibahas : Pengertian, sejarah, kebutuhan dan manfaat ilmu mantiq
  24.             
Pembelajaran Matematika MI II
Mata kuliah ini memberi bekal mahasiswa untuk mengkaji tentang geometri dan pengukuran, peluang dan statistik serta pembelajarannya di SD melalui kegiatanmengkaji, berlatih, dan eksplorasi baik secara individu dan kelompokserta mensimulasikannya.
  25.             
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI II
Pengintegrasian penguasaan substansi dan materi pembelajaran bidangstudi IPS untuk kelas lanjut SD dengan berbagai prinsip pengelolaanpembelajaran yang mendidik.
  26.             
Pembelajaran Bahasa Indonesia MI II
Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan berbagai strategi IV-VI)dengan topik-topik bahasan yang mencakup teknik-teknik meningkatkan perkembangan berbahasa lisan dan tulis.
  27.             
Teori Belajar dan Pembelajaran
Mata kuliah Teori Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami hakikat belajar dan pembelajaran; dan mengetahui perkembangan konsep dan teori pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi hakikat belajar, prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang memengaruhi belajar, motivasi belajar, teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar humanisme, konsep pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, model pembelajaran, dan pembelajaran kontekstual.
  28.             
Telaah Kurikulum MI
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang konsep dasar kurikulum MI: pengertian kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum; Kompetensi-kompetensi Pembelajaran MI serta penjabarannya; implementasi kurikulum di MI (KTSP, KBK, Kurtilas); Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH); Pengembangan Silabus dan RPP; Penilaian Pembelajaran; dan Strategi pelaksanaan kurikulum
  29.             
Filsafat Pendidikan
Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang: Keberadaan dan hakekat diri manusia sebagai makhluk alamiah dan sosial, Kebutuhan dan pola hubungan antar manusia sebagai insan pendidikan (homo educandum), Arti filsafat dan makna pendidikan, Pendekatan filsafat dalam pendidikan, Pandangan esensialisme dalam pendidikan, Pandangan pherenialisme dalam pendidikan, Teori pengetahuan dan nilai, Pengembangan nilai untuk pendidikan manusia seutuhnya, Pendidikan sebagai pelestarian nilai dan perubahan sosial, Pendidikan sebagai hak dan kewajiban semua warga negara, Peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara, Pendidikan individu dan pendidikan masyarakat, Problematikan dalam reformasi dan konsepsi pendidikan Indonesia masa depan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep filsafat pendidikan sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan landasan filsafat pendidikan.
  30.             
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI
Mata kuliah pembelajaran al-Quran hadits MI menganalisis konten materi al-Quran hadits di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian mata pelajaran al-Quran hadits MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM al-Quran hadits  di kelas rendah dan kelas tinggi sesuai karakteristik anak didik.
  31.             
Pembelajaran Aqidah Akhlaq MI
Pendidikan aqidah akhlak adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar memahami ajaran islam (knowing) terutama dalam aspek aqidah (tauhid) dan akhlak, terampil melakukan/melaksanakan ajaran islam(doing),dan melakukan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari(being) sehingga mencerminkan ajaran Agama Islam yang rahmatan lil’alamin.
  32.             
Pembelajaran Fiqih MI
Mata kuliah ini diarahkan untuk mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam, baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk di jadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial. Mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah swt, dengan diri manusia itu sendiri maupun hubungannya dengan lingkungan.
  33.             
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI II
Mata kuliah Pendidikan IPA di Kelas Tinggi merupakan mata kuliah keahlian bidang studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan status mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan dengan bobot mata kuliah 2 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai konsep dasar IPA di SD kelas tinggi, proses pembelajarannya, dan membelajarkannya . Secara garis besar, lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup pengenalan mengenai (1) Perbedaan Kurikulum KTSP 2006 MaPel IPA SD dan Kurikulum 2013, (2) Analisis Materi IPA kelas IV, V, dan VI SD Kurikulum 2006, (3) Media Pembelajaran IPA di SD Kelas tinggi , (4) Percobaan dalam pembelajaran IPA (5). Simulasi pembelajaran IPA pada siswa SD kelas tinggi. Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu merencanakan pembelajaran IPA serta dapat mengaplikasikan dalam pembelajarannya di sekolah dasar kelas tinggi.
  34.             
Psikologi Pendidikan
Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar gejala manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.
  35.             
Pendidikan Baca Tulis Al Qur’an
Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam baca tulis al-Quran, membekali mahasiswa dengan cara mengajar baca tulis al-Quran di MI kelas rendah dan kelas tinggi, serta mengetahui strategi baca tulis al-Quran yang baik.
  36.             
Pengembangan Kurikulum MI
Mata kuliah ini membahas demensi teoritikal kurikulum, peran personil sekolah, komponen dan proses, problem dan produk pengembangan kurikulum.
  37.             
Pembelajaran Bahasa Jawa MI
Pemahaman dan kemampuan meningkatkan Ketrampilan berbahasa daerah(Jawa) sebagai calon pengajar bahasa daerah (Jawa) di SD-MI. aspek-aspekyang dikembangkan meliputi ketrampilan menyimak, berbicara,membaca, dan menulis Jawa (huruf latin dan huruf Jawa), serta kesusasteraandaerah (Jawa), untuk pembelajaran bahasa daerah (Jawa) di SD-MI.
  38.             
Pembelajaran Penjaskes MI
Membuat silabus mapel Dikjas, membuat Rencana Pembelajaran modifikasi permainan bola besar (voli, basket, sepak bola) dan modifikasi atletik(lompat jauh, lompat tinggi) senam dan latihan mengajar.
  39.             
Media Pembelajaran
Pemahaman dan penguasaan substansi media sebagai komponen dalam sistem pembelajaran di SD-MI yang meliputi prinsip, fungsi, jenis, karakteristik, dasar-dasar pengembangan, pemilihan, pemanfaatan danperawatan, serta evaluasi media pembelajaran.Pembahasan materimencakup konsep-konsep dan aplikasi media pembelajaran berdasarkanklasifikasi media visual, audio, audio-visual, dan multi media sesuaidengan strategi pembelajaran yang digunakan.Untuk mengetahuipencapaian kompetensi diperoleh dengan tes tulis, unjuk kerja, dan hasil karya.
  40.             
Pembelajaran Tematik
Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakikat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi,  tema dan kompleksitasnya serta melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik di MI
  41.             
Metodologi penelitian Pendidikan I
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian , hipotesisi, dan analisis data,; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara utuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan.
  42.             
Pembelajaran Bahasa Arab MI
Mata kuliah pembelajaran Bahasa Arab MI menganalisis konten materi Bahasa Arab di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian mata pelajaran Bahasa Arab MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM Bahasa Arab MI yang menarik dan inovatif sesuai karakteristik anak didik.
  43.             
Pembelajaran Bahasa Inggris MI
Mata kuliah pembelajaran Bahasa Inggris MI menganalisis konten materi Bahasa Inggris di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM Bahasa Inggris dengan baik di kelas rendah dan kelas tinggi sesuai karakteristik anak didik.
  44.             
Pembelajaran SKI MI
Mata kuliah pembelajaran SKI MI menganalisis konten materi SKI di MI serta strategi pembelajaran dan penilaian mata pelajaran SKI MI. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan KBM SKI MI dengan baik dan menarik sesuai karakteristik anak didik MI.
  45.             
Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Matakuliah ini akan membekali mahasiswa berkaitan dengan konsep perencanaan pembelajaran yang langsung bisa diaplikasikan dalam pembelajaran. Secara garis besar pokok kajian matakuliah dipetakan menjadi tiga, yaitu paradigma atau pendekatan, metode dan teknik penyusunan perencanaan pembelajaran yang didasarkan atas aliran-aliran pendidikan, silabus dan kontribusi matakuliah ini dalam pendidikan guru madrsah ibtidaiyah.
  46.             
Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan Konseling merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.
Dalam matakuliah ini mahasiswa akan dibekali tentang usaha pemberian bantuan kepada individu (peserta didik) yang dilakukan secara berkisanambungan dengan teknik hubungan antara konselor dan klien sehingga individu tersebut memahami dirinya. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi empat, yaitu pendekatan Bimbingan dan Konseling;  landasan bimbingan dan konseling; pendekatan, strategi metode dan teknik bimbingan dan konseling; bimbingan dan konseling pendidikan guru madrasah di Indonesia dan kontribusi matakuliah ini terhadap pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
  47.             
Evaluasi Pendidikan MI
Mahasiswa memahami konsep-konsep penilaian berbasis kelas, dapat mengembangkan berbagai alat evaluasi belajar, terampil merencanakan,
melaksanakan, mengolah, dan melaporkan evaluasi belajar.
  48.             
Metodologi Penelitian Pendidikan II
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian , hipotesisi, dan analisis data,; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara utuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan.
  49.             
Manajemen Pendidikan MI
Mengkaji dan membahas tentang konsep, pendekatan aspek dan fungsimanajemen di SD, Struktur organisasi SD, bidang garapan manajemenpendidikan, kepemimpinan, supervasisi, dan manajemen berbasis sekolah serta manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah.
  50.             
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI
Pengkajian dan pemahaman dasar hardware komputer, mampumengoperasikan, dan menguasai software Microsoft Office & Microsoft Power point.
  51.             
Statistik
Pemahaman dasar statistik dalam praktik dan penelitian meliputi penyajiandata, penafsiran, dan uji hipotesis.
  52.             
Penelitian Tindakan Kelas
Mata kuliah ini terdiri dari pokok bahasan hakikat penelitian tindakan kelas, langkah-langkah penelitian tindakan kelas, perencanaan penelitian, pelaksanaan perbaikan dalam pembelajaran, analisis hasil penelitian tindakan kelas, serta penulisan laporan penelitian tindakan kelas.
  53.             
Manajemen Konseling
Mata kuliah ini mengajarkan manajemen dalam melakukann konseling. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan manajemen konseling terhadap anak dengan baik sesuai apa yang dibutuhkan anak, baik dalam bidang akademik, karir, maupun hal lainnya. Dengan adanya manajemen konseling, diharapkan proses konseling MI dapat berjalan dengan baik
  54.             
Pembelajaran Seni Budaya Keterampilan  MI
Pemahaman dan penguasaan substansi bidang studi dan materi kurikulum serta mampu mengelola pembelajaran ketrampilan kerajinan yang mendidik di MI. Pengalaman belajar diwujudkan dalam kegiatan mengkaji,memahami, menerapkan pengetahuan, sikap, berlatih berkarya, danmengapresiasi karya ketrampilan kerajinan yang diakhiri dengan pameranserta simulasi pembelajaran. Cakupan materi mencakup pengantar danruang lingkup, pengetahuan alat dan bahan, jenis-jenis karya, praktikberkarya, strategi dan evaluasi pendidikan seni rupa di SD-MI. Pencapaiankompetensi dengan tertulis, tugas, berkarya, apresiasi, evaluasi dan simulasi.
  55.             
Pengembangan Profesionalisme Guru
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi calon guru MI (mahasiswa PGMI) dengan bobot 2 SKS. Materi dari mata kuliah ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi pengembangan profesionalisme calon guru sehingga akan menjadi guru yang profesional ketika sudah di masyarakat.
  56.             
Edupreneurship I
Mengkaji konsep dan pengembangan kewirausahaan dalam rangkamenumbuhkembangkan jiwa wirausaha yaitu kemampuan memotivasi diri untuk mengindera peluang usaha baru, menciptakan jasa produksi,pemasaran, kemitraan, dan mengembangkan kewirausahaan sesuai denganbidang keilmuan yang dipelajari.
  57.             
Karya Tulis Ilmiah
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teori dan praktik menulis karya ilmiah. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis-argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, dan penelitian dalam penulisan karya ilmiah. Perkuliahan dilakukan dengan pendekatan genre dan pendekatan proses, sedangkan penilaian terutama dilakukan terhadap pemberian tugas-tugas yang terkumpul dalam portofolio, tes tengah semester, dan tes akhir semester.
  58.             
PPL I (Microteaching)
Pemahaman dan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dasar mengajar,pemahaman landasan filosofis dan konsep teoritik PPL, simulasi dan microteaching sebagai bekal ajar nyata di SD-MI. Pencapaian kompetensiini diukur melalui tugas/proyek dan simulasi.
  59.             
Seminar Proposal Skripsi
Seminar proposal skripsi merupakan mata kuliah pra syarat skripsi dengan bobot 2 SKS. Tidak ada pertemuan tatap muka di kelas, tetapi perkuliahannya berlangsung di luar kelas dengan tugas mengajukan judul penelitian, membuat proposal skripsi, serta proses bimbingan awal dengan program studi
  60.             
Edupreneurship II
Mengkaji pengembangan kewirausahaan di bidang pendidikan. Menganalisis perkembangan pendidikan dan mencari peluang usaha dari perkembangan pendidikan. Melihat prospek usaha di bidang pendidikan dan menerapkan dalam bentuk nyata.
  61.             
Pengembangan Bahan Ajar MI
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menciptakan, mengkreasikan, dan mengembangkan bahan ajar dalam setiap mata pelajaran sesuai kebutuhan peserta didik serta kondisi sosial budaya masyarakat. Inovasi bahan ajar akan mampu melahirkan guru yang kreatif dan menyenangkan
  62.             
Sosiologi Pendidikan
Pemahaman definisi, sifat, hakikat, objek, metode, teori dan sejarahsosiologi. Mengkaji masyarakat menurut kacamata sosiologi denganmemfokuskan kajian pada pemahaman sistem nilai dan sistem social masyarakat yang meliputi stratifikasi sosial, institusi sosial, kelompok sosial, dan perubahan sosial.
  63.             
Studi Tokoh Pendidikan
Mata kuliah ini menganalisis dan mempelajari pemikiran tokoh pendidikan dan pengaruhnya di masyarakat. Tokoh pendidikan yang menjadi bahan kajian adalah tokoh pendidikan muslim, barat, dan tokoh pendidikan nasional.
  64.             
Supervisi Pendidikan
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep supervisi pendidikan, aplikasi di sekolah, serta mengevaluasi proses pendidikan yang berlangsung kemudian memberikan jalan keluar dalam setiap permasalahan yang dihadapi.
  65.             
Strategi Pembelajaran
Pemahaman dan kemampuan tentang prinsip-prinsip pendidikan yangmelandasi proses pembelajaran, khususnya bagi anak SD serta berbagai
pendekatan, strategi, metode, dan teknik-teknik pembelajaran yangdapat diturunkan dari prinsip-prinsip pendidikan. Penerapan dari prinsipprinsiptersebut diwujudkan dalam bentuk latihan merancang pembelajarandalam konteks yang actual serta berlatih melakukan pembelajaran denganmenggunakan berbagai media dan sumber belajar.Penguasaan kompetensidinilai melalui asesmen alternatif.
  66.             
Pendidikan Berkebutuhan Khusus*
Pemahaman dan pengkajian landasan filosofis, yuridis, empiris, system manajemen, kurikulum, pengelolaan kelas, sarana prasarana, tenagapendidik dan tenaga kependidikan, evaluasi dan sistem kenaikan kelaspendidikan inklusif serta pemberdayaan masyarakat.

  67.             
Pendalaman NDSA*
Memperdalam tenang ciri khas institusi yakni Nilai Dasar Salih Akram (NDSA) yang membekali mahasiswa tentang nilai-nilai yang disarikan dari al-Qur’an dan hadis dan diejawantahkan dalam semua aspek kehidupan. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi tiga, yaitu Shaleh-Akram dan relevansinya dengan (Perguruan Islam dan Sekolah Tinggi) Mathaliul Falah, konsep dan praktik nilai 9 + 1 dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah.
  68.             
Praktik Keterampilan dan Kerajinan*
Merupakan mata kuliah praktik keterampilan dan kerajinan yang lebih banyak menekankan pada hasil kreasi mahasiswa dalam membuat kerajinan. Hasil dari kreasi mahasiswa akan dipamerkan dalam sebuah pameran di akhir perkuliahan.
  69.             
Multimedia Animasi Pembelajaran *
Mata kuliah multimedia animasi pembelajaran merupakan mata kuliah pengembangan dari media pembelajaran berbasis iptek. Mahasiswa diharapkan dapat membuat animasi pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia serta aplikasi lainnya sehingga membuat pembelajaran lebih menarik.
  70.             
PPL  II
Pemahaman, penguasaan dan pemantapan ketrampilan melaksanakanadminsitrasi, PBM, bimbingan belajar, dan kegiatan ekstra kurikuler diSD-MI. Pencapaian kompetensi ini diukur dengan praktik ajar nyata dikelas, observasi kepribadian dan tugas/proyek serta laporan PPL baik individu maupun kelompok.
  71.             
KKN
Mahasiswa menerapkan pengetahuan dan ketrampilannya di masyarakat untuk membantu masyarakat menangani berbagai permasalahan kehidupan (ekonomi, sosial, politik, psikologi) dan memajukan kehidupan dan lingkungannya.
  72.             
Skripsi
Mata kuliah meliputi kajian tentang tugas akhir berupa pembuatan skripsi berupa hasil penelitian yang merupakan tindak lanjut dari mata kuliah seminar proposal skripsi.


Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours