1.
Profil Lulusan
a)
Pendidik yang kompeten di MI
b)
Peneliti bidang pendidikan dasar Islam
c)
Pembina insan Shaleh Akram
d)
Konsultan lembaga pendidikan dasar Islam
e)
Konselor anak usia MI
f)
Entrepreneur bidang pendidikan dasar
No
|
Profil Lulusan
|
Kompetensi
Utama
|
Kompetensi Pendukung
|
Kompetensi Lainnya
|
1
|
Pendidik yang
kompeten di MI
|
Pedagogis:
-
Menguasai
karakteristik dan keberagaman peserta didik dari berbagai aspek, baik fisik,
sosial, emosional, intelektual, moral dan kultural.
-
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
-
Mengembangkan
kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal.
-
Mendesain
perencanaan pembelajaran yang aplikatif
-
Menyelenggarakan
pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan.
-
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang pembelajaran.
-
Membantu
pengembangan potensi peserta didik serta mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
-
Menyelenggarakan
evaluasi proses dan hasil belajar.
-
Menggunakan
hasil evaluasi untuk perbaikan mutu pembelajaran.
-
Melakukan
berbagai upaya untuk peningkatan mutu pembelajaran.
Profesional:
-
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan sesuai bidangnya
-
Menguasai
kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang
diampu.
-
Mengembangkan
materi pembelajaran secara kreatif.
-
Melakukan
tindakan reflektif untuk mengembangkan profesionalisme
-
Mengembangkan
diri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Sosial:
-
Berkomunikasi
dengan baik, efektif, empatik, dan santun kepada peserta didik.
-
Menjalin
kerja sama yang baik, efektif, empatik, dan santun kepada sesama pendidik,
tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
-
Beradaptasi
dengan baik di tempat tugas
-
Memperluas
networking baik kepada komunitas
profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
Personal:
-
Menginternalisasi
norma agama, hukum, sosial,dan budaya dalam perilaku sehari-hari.
-
Berkepribadian
baik dan menjadi uswatun hasanah bagi
peserta didik dan masyarakat.
-
Menunjukkan
diri sebagai pribadi yang arif, tangguh, dewasa, dan berwibawa.
-
Menunjukkan
etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi sebagai pendidik
-
Menjunjung
tinggi kode etik profesi guru.
-
Bersikap
inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif
|
-
Mengerti
sumber-sumber dasar keislaman
-
Memiliki
kemampuan menganalisis persoalan-persoalan keilmuan dan kemasyarakatan
-
Menginterpretasikan
Islam dalam konteks budaya lokal
-
Mampu
berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-
Mampu
menggunakan logika dalam berkomunikasi
-
Mampu
berkomunikasi menggunakan bahasa asing (Arab dan Inggris)
|
|
2
|
Peneliti bidang pendidikan dasar Islam
|
- Menguasai metodologi penelitian pendidikan
- Memiliki kompetensi penelitian bidang pendidikan
|
- Melakukan Penelitian bidang pendidikan dasar Islam
- Menguasai filosofi dan sosiologi pendidikan dasar
Islam
|
|
3
|
Pembina insan Shaleh
Akram
|
- Membina perilaku shaleh
akram bagi peserta didik
- Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dasar shaleh akram
- Menginternalisasi NDSA dalam perilaku sehari-hari
|
- Menampilkan perilaku Islami berbasis nilai-nilai
pesantren
- Menjadi uswatun
hasanah bagi peserta didik
|
|
4
|
Konsultan lembaga pendidikan dasar Islam
|
- Menguasai manajemen pendidikan dasar
- Menguasai supervisi dan administrasi pendidikan
dasar
- Mampu mengevalusi kinerja lembaga pendidikan dasar
|
||
5
|
Konselor anak MI
|
- Menggunakan bimbingan dan konseling sebagai
pendekatan dalam pembelajaran anak MI
- Menguasai psikologi perkembangan anak
- Mengidentifikasi potensi anak
- Melakukan bimbingan kepribadian, akademik,
sosial, dan karir anak
|
||
6
|
Entrepreneur
bidang pendidikan dasar
|
|
|
- Memiliki mental entrepreneurship
- Menguasai teori kewirausahaan dan implementasinya di
bidang pendidikan
- Visioner dan memiliki prospek usaha di bidang
pendidikan
|
0 Comments