Header Ads

Header Ads

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

1.      Profil Lulusan
a)      Pendidik yang kompeten di MI
b)      Peneliti bidang pendidikan dasar Islam
c)      Pembina insan Shaleh Akram
d)     Konsultan lembaga pendidikan dasar Islam
e)      Konselor anak usia MI
f)       Entrepreneur bidang pendidikan dasar


No
Profil Lulusan
Kompetensi Utama
Kompetensi Pendukung
Kompetensi Lainnya
1
Pendidik yang kompeten di MI
Pedagogis:
-          Menguasai karakteristik dan keberagaman peserta didik dari berbagai aspek, baik fisik, sosial, emosional, intelektual, moral dan kultural.
-          Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
-          Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal.
-          Mendesain perencanaan pembelajaran yang aplikatif
-          Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan.
-          Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang pembelajaran.
-          Membantu pengembangan potensi peserta didik serta mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
-          Menyelenggarakan evaluasi proses dan hasil belajar.
-          Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan mutu pembelajaran.
-          Melakukan berbagai upaya untuk peningkatan mutu pembelajaran.
Profesional:
-          Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan sesuai bidangnya
-          Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
-          Mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif.
-          Melakukan tindakan reflektif untuk mengembangkan profesionalisme
-          Mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Sosial:
-          Berkomunikasi dengan baik, efektif, empatik, dan santun kepada peserta didik.
-          Menjalin kerja sama yang baik, efektif, empatik, dan santun kepada sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
-          Beradaptasi dengan baik di tempat tugas
-          Memperluas networking baik kepada komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
Personal:
-          Menginternalisasi norma agama, hukum, sosial,dan budaya dalam perilaku sehari-hari.
-          Berkepribadian baik dan menjadi uswatun hasanah bagi peserta didik dan masyarakat.
-          Menunjukkan diri sebagai pribadi yang arif, tangguh, dewasa, dan berwibawa.
-          Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi sebagai pendidik
-          Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
-          Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif
-   Mengerti sumber-sumber dasar keislaman
-   Memiliki kemampuan menganalisis persoalan-persoalan keilmuan dan kemasyarakatan
-   Menginterpretasikan Islam dalam konteks budaya lokal
-   Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-   Mampu menggunakan logika dalam berkomunikasi
-   Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing (Arab dan Inggris)
2
Peneliti bidang pendidikan dasar Islam
-     Menguasai metodologi penelitian pendidikan
-     Memiliki kompetensi penelitian bidang pendidikan
-     Melakukan Penelitian bidang pendidikan dasar Islam
-     Menguasai filosofi dan sosiologi pendidikan dasar Islam
3
Pembina insan Shaleh Akram
-     Membina perilaku shaleh akram bagi peserta didik
-     Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dasar shaleh akram
-     Menginternalisasi NDSA dalam perilaku sehari-hari
-     Menampilkan perilaku Islami berbasis nilai-nilai pesantren
-     Menjadi uswatun hasanah bagi peserta didik
4
Konsultan lembaga pendidikan dasar Islam
-      Menguasai manajemen pendidikan dasar
-      Menguasai supervisi dan administrasi pendidikan dasar
-      Mampu mengevalusi kinerja lembaga pendidikan dasar
5
Konselor anak MI
-     Menggunakan bimbingan dan konseling sebagai pendekatan dalam pembelajaran anak MI
-     Menguasai psikologi perkembangan anak
-     Mengidentifikasi potensi anak
-     Melakukan bimbingan kepribadian, akademik, sosial,  dan karir anak
6
Entrepreneur bidang pendidikan dasar


-     Memiliki mental entrepreneurship
-     Menguasai teori kewirausahaan dan implementasinya di bidang pendidikan
-     Visioner dan memiliki prospek usaha di bidang pendidikan