Header Ads

Header Ads

Pembekalan Skripsi dalam Pandemi

           Sebagai mahasiswa, pasti kita tidak asing dengan kata “skripsi”. Walaupun tidak asing, namun sebelumnya kita harus tahu dulu pengertian dari skripsi. Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dengan melakukan penelitian guna mendapatkan data yang valid dan reliabel dalam tulisan tersebut. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Institut Pesantren Mathali’ul Falah wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa prodi tersebut agar dapat menyelesaikan perkuliahan dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan. Jadi sifat penyusunan skripsi di sini bagi para mahasiswa PGMI IPMAFA adalah wajib.

            Pada Senin 10 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB. para mahasiswa semester 6 mengikuti kegiatan pembekalan skripsi dalam pandemi ini dengan mendapat pengarahan langsung dari Bapak Kaprodi, yakni Bapak Agus Jauhari melalui aplikasi zoom. Beliau menjelaskan mengenai sistematika pengajuan dan penyusunan skripsi. Skripsi, sebagai penelitian ilmiah harus didasari oleh sebuah teori dari para ahli dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sehingga menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang kuat dan dapat menjadi salah satu acuan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran guru Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar. Lalu bagaimana langkah awal kita menyusun skripsi ini? Bapak Agus dalam pembelakan skripsi telah  mengemukakan bahwa langkah awal yang harus dilakukan adalah menemukan masalah yang akan diangkat dalam penelitian, kemudian carilah teori dan penelitian yang relevan sehingga ketika nanti melakukan konsultasi dengan pembimbing seorang mahasiswa dapat memiliki alasan yang logis dan berdasar pada teori mengapa ia mengangkat tema dan permasalahan yang ia ajukan.

            Dalam melakukan pengajuan skripsi, ada tahap yang harus dilakukan, yang pertama adalah melakukan pengajuan judul dengan menyertakan KHS semester 1-6 atau transkrip nilai dalam bentuk PDF dan disertai dengan menyertakan judul skripsi dalam bentuk soft file dengan menyertakan latar belakang, rumusan masalah, dan metode penelitian yang akan digunakan. Setelah melakukan pengajuan judul dan sudah diterima oleh prodi, mahasiswa dapat memulai menyusun skripsi. Setelah  menyusun bab 1,2, dan 3 dengan baik, mahasiswa dapat melakukan seminar prososal sebelum ia melakukan penelitian untuk mengambil data.

            Jika telah melakukan penyusunan skripsi dengan sempurna, maka mahasiswa dapat melakukan ujian skripsi atau munaqosyah. Munoqosyah ini dapat dilakukan apabila mahasiswa telah: melakukan bimbingan kepada pembimbing minimal 10x, mengurus surat keterangan bebas KHS, melakukan tes TOEFL, melakukan tes kompre, dan melakukan cek plagiarisme.

            Ayo kepada para mahasiswa semester 6, selain kalian disibukkan dengan PPL dan KKN, mulailah untuk menemukan masalah-masalah penelitian agar dapat memulai menyusun skripsi. Ingat, skripsi bukan momok, namun sebagai pencapaian kalian untuk menuju para ilmuwan yang budiman.